//Cobalah 10 Cara Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Cobalah 10 Cara Ini Jika Kamu Ingin Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Kita sebagai manusia sudah sewajibnya untuk senantiasa melakukan perubahan-perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Dari sejak lahir sampai sekarang, kita telah mengalami berbagai macam hal di kehidupan ini, dan selama itu pula kita belajar dan terus berkembang.

Berubah menjadi baik tentu saja akan memberikan banyak sekali manfaat bagi diri kita pribadi dan juga orang di sekitar kita pada umumnya. Cobalah untuk membuka mata dan hatimu dan perhatikan 10 Cara ini agar kamu menjadi probadi yang lebih baik lagi :

1. Dengarkan orang lain

Apa yang di katakan orang lain memang belum tentu benar namun, alangkah baiknya jika kita mulai belajar untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain tentang diri kita untuk mengkoreksi apa yang masih kurang dan harus kita tingkatkan. Sebagai contoh, bisa saja kita merasa percaya diri, namun orang lain justru menganggap kita orang yang pasif dan kurang bergaul, nah dengan itu kita pasti harus menganalisis apa yang salah dengan apa yang kita lakukan untuk menjadi lebih baik lagi.

Dengan menjadi pendengar yang baik juga berarti kita akan banyak mendapatkan ilmu dan pembelajaran dari apa yang di katakan oleh orang lain.

2. Jadilah diri sendiri

Setiap perubahan yang kita lakukan haruslah perubahan yang baik terutama untuk diri kita sendiri. Kita harus merasa nyaman dengan apa yang kita lakukan. Cobalah untuk kembali menyusun dan menegakan apa yang jadi nilai-nilai utama kamu, keyakinan, identitas diri, membangun keberanian, dan menentukan arah dan fokus kamu kedepannya. Ketika kamu sudah mempunyai nilai-nilai tersebut, maka kamu akan mudah mencari apa yang harus di rubah untuk menjadikan dirimu lebih baik lagi.

3. Belajarlah untuk memaafkan

Bukan saja memaafkan orang lain, tapi juga memaafkan diri kamu sendiri. Kamu harus belajar untuk memaafkan segala kesalahan-kesalahan kamu di masa lalu, dan dijadikan sebuah pembelajaran agar kamu bisa melangkah maju di masa depan menjadi probadi yang lebih baik lagi.

4. Selalu berfikir positif

Berfikiran negatif akan suatu hal tidak akan membuatmu bisa berkembang lebih jauh, yang ada kamu akan stuck dan mentok dengan kamu yang saat ini. Buanglah segala fikiran negatif baik terhadap orang lain ataupun terhadap diri kamu sendiri. Biasakan untuk tidak menghiraukan suatu hal secara berlebihan.

5. Stop membuat alasan

Alasan adalah senjata orang malas, maka berhentilah untuk membuat alasan-alasan yang hanya akan membuat kamu mandeg dan tidak melakukan hal baik yang bisa meningkatkan kualitas diri kamu. Jangan terlalu memanjakan ego kamu, dan senantias berfikir secara rasional jika kamu tidak berubah saat itu juga.

6. Lepaskan semua kemarahan

Rasa emosional yang tinggi tidak pernah memberikan manfaat yang baik, bahkan bisa berakibat buruk buat hidup kamu, termasuk berbagai penyakit pencernaan, penyakit jantung dan sulit tidur. Memang, rasa emosional dan kemarahan adalah hal yang alami dari sifat manusia, namun alangkah lebih baiknya jika kamu mulai belajar untuk mengendalikan amarahmu dan menjadi pribadi yang lebih tenang.

7. Belajarlah untuk senantiasa berlaku sopan

Ketika kamu menjadi orang yang lebih ramah terhadap orang lain, punya attitude yang baik, ini akan membuat hidup kamu jauh lebih indah daripada kamu menjadi orang yang poasif dan tidak memedulikan lingkungan dan orang-orang di sekitarmu. Menjadi pribadi yang sopan akan banyak berdampak baik terhadapmu, semakin banyak orang menyukaimu dan juga akan semakin banyak orang yang respect terhadapmu. Bahkan ketika kamu mendapatkan perlakuan yang kurang baik, bukan berarti kamu harus membalas dengan hal yang serupa, tunjukannlah bahwa kamu adalah pribadi yang lebih baik.

8. Jujurlah

Mulai lah untuk belajar menjadi pribdi yang jujur, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Semakin kamu jujur, maka kamu telah melepaskan beban berat yang ada di pundakmu, dan itu berarti hidup kamu akan lebih ringan dan bahagia.

9. Jadilah pembelajar

Hidup adalah fase pembelajaran tiada akhir selama kita masih menghembuskan nafas. Belajarlah untuk menjadi orang yang menyenangi belajar untuk senantiasa menjadi lebih baik, untuk senantiasa menghindari perasaan puas berlebihan dengan apa yang kita miliki dan kita raih saat ini. Saatnya untuk terus berkembang.

10. Cintai orang di sekitar

Kita adalah mahluk sosial dan kita setiap hari senantiasa berinteraksi dengan orang lainnya. Senantiasa cintai dan buatlah orang lain bahagia dengan apa yang kamu lakukan. Karena kebahagian yang sesungguhnya adalah bisa membuat orang lain bahagia.

Image Source : Ivan Malafeyev | Flickr

loading...
Share this :
loading...