//Cara Menghilangkan Rasa Grogi Berbicara di Depan Banyak Orang

Cara Menghilangkan Rasa Grogi Berbicara di Depan Banyak Orang

Grogi adalah sebuah perasaan yang wajar dan manusiawi. Semua orang pasti pernah mengalami rasa grogi tidak terkecuali seorang Presiden, Gubernur, Direktur pasti mempunyai rasa grogi. Grogi sebenarnya adalah perasaan yang wajar saja, akan tetapi kita tidak boleh berlarut-larut dalam keadaan ini.

Grogi tidak bisa di hilangkan, hanya bisa diminimalisir sampai ke tahap yang hampir sempurna sehingga kita melihat ada orang yang tidak pernah grogi, itu karena dia sudah mampu me-manage perasaan grogi tersebut dengan baik.

Ada beberapa hal yang kamu bisa perhatikan untuk meminimalisir rasa grogi kamu :

1. Persiapkanlah diri kamu sebaik mungkin menghadapi kegiatan yang akan kamu hadapi

Semakin kamu menyiapkan diri kamu dengan baik untuk melakukan sesuatu, semakin sedikit pula kemungkinan grogi yang akan kamu rasakan. Semakin bagus persiapan kamu maka kamu akan semakin percaya diri menghadapi kegiatan yang akan kamu lakukan.

Persiapan ini bisa itu berupa persiapan materi contohnya ketika kamu akan membawakan sebuah persentasi kamu harus benar-benar menguasai hal tersebut dahulu untuk bisa tampil tanpa grogi. Selain itu persiapan yang bersifat fisik seperti penampilan juga akan mempengaruhi, kamu harus merasa percaya diri dulu dengan apa yang kamu kenakan, gunakanlah pakaian yang sesuai dan mampu membuat kamu percaya diri.

2. Tenanglah

Jika kamu dalam keadaan gelisah itu membuat kamu dalam keadaan kurang fokus, sehingga akan membuat jantung kamu berdebar sangat kencang karena ke-tidak nyamanan yang kamu rasakan. Tariklah nafas dalam-dalam dan fokuskan diri kamu kepada apa yang akan kamu sampaikan saat berbicara nanti dan senantiasa untuk berfikir positif.

3. Tersenyumlah

Tersenyum sebelum berbicara akan merangsang hormon dopamin keluar yang akan membuat tubuh kamu lebih rileks dan menimbulkan perasaan bahagia.

Ini akan sangat berpengaruh terhadap jiwa maupun fisik kamu saat berbicara di depan orang lain. Dengan tersenyum pula kamu secara tidak langsung membuat orang terangsang untuk ikut tersenyum, sehingga segalanya tidak akan begitu menegangkan.

4. Buang rasa ragu-ragu

Rasa ragu-ragu adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya perasaan grogi. Orang yang ragu-ragu akan cenderung lebih mudah grogi daripada orang yang tegas dan berani mengambil keputusan.

Ragu-ragu adalah perasaan takut salah, perasaan inilah yang membuat kamu semakin grogi dalam mengerjakan sesuatu. Cobalah untuk lebih berani dan tegas mengambil keputusan dan beranilah untuk salah, dengan begitu kamu akan tampil lebih lepas dan enjoy.

5. Seringlah tampil di depan umum

Ketika kamu kurang bergaul dengan orang lain dan tidak biasa berbicara kepada banyak orang hal ini akan menyebabakan perasaan kurang percaya diri saat berbicara di depan banyak orang.

So, lebih sering-seringlah berbicara didepan banyak orang, maka kamu akan semakin terbiasa dan meminimalisir rasa grogi ketika tampil di depan banyak orang.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Freddle

loading...
Share this :
loading...