//Cara Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN 2016

Cara Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN 2016

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi nasional untuk siswa SMA kelas 12 yang akan lulus dengan menggunakan nilai raport dan diadakan setiap tahun. Sebenarnya persaingan di seleksi ini tidak bisa kita tebak karena kita benar-benar tidak tahu saingan kita seperti apa dan dari sekolah mana. Yang jelas ada beberapa Indikator yang mempengaruhi penilaian kelulusan SNMPTN itu sendiri, semisal kualitas sekolah dan tentu saja nilai raport kamu. So, inilah beberapa cara memaksimalkan peluang lolos SNMPTN 2016 :

1. Tentukan Jurusan pilihan kamu

Yang pertama harus kamu lakukan adalah nentuin Jurusan yang kamu inginkan untuk kedepannya, baru kamu tentuin kampus-nya yang mana, usahain untuk tidak menentukan kampus dulu baru memilih jurusan untuk menghindari ketidak cocokan di kemudian hari.

Banyak kejadian dimana memilih jurusan yang ya bisa dibilang bukan yang ia sukai demi masuk di satu kampus yang menurut dia bergengsi, dan setelah masuk dia ngerasa ga cocok and kuliahnya gak bener.

2. Pelajari nilai raport kamu dengan baik

Karena SNMPTN hubungan eratnya ya paling besar yang mempengaruhi adalha nilai raport kamu, so yang paling baik jika kamu ingin lolos maka perhatikan nilai raport kamu, di mata pelajaran manakah kamu mendapatkan nilai yang bagus selama 5 semester di SMA.

Maka kemungkinan untuk lolos kamu akan lebih besar dibanding dengan kamu memilih jurusan dimana nilai raport kamu yang berhubungan dengan jurusan pilihan kamu itu nilainya kecil. Contohnya, kamu milih jurusan Teknik Kimia, sementara diraport kamu nilainya jelek, memang tidak salah sih jika kamu bener-bener maunya itu, namun peluang untuk lolosnya ya tidak sebesar jika kamu mendaftar ke jurusan yang nilai raport kamu bagus untuk jurusan tersebut.

Selain itu nilai raport yang baik juga 80% mengindikasikan kamu enjoy dan senang di mata pelajaran tersebut. Jadi kemungkinan kamu memang punya passion disitu lho :’).

3. Jangan lintas jurusan

Kamu juga di anjurkan untuk tidak lintas jurusan, contohnya kamu sekarang di SMA jurusannya IPA dan kamu milih jurusan yang IPA seperti Ekonomi, atau Akuntasi maka itu-pun cukup berpengaruh untuk peluang lolos kamu. Lebih baik kamu memprioritaskan jurusan  kuliah yang sesuai dengan jurusan kamu di SMA, lagian kalo masuk juga karena dulu udah belajar jadi kamu bakalan makin perfect lagi deh hhe.

4. Pelajari jurusan kamu

Pelajari juga detail dari jurusan pilihan kamu yang terdapat di website SNMPTN  misalnya nih mengenai jumlah pendaftar berapa, jumlah daya tampung untuk SNMPTN berapa, dan jumlah pendaftar yang bakalan diterima berdasarkan Jurusan atau berdasarkan provinsi, untuk menjadi tolak ukur kamu dalam memilih jurusan yang dapat memaksimalkan peluang kamu lolos di SNMPTN 2016. Contohnya nih, kamu orang Jakarta, so kamu bakalan lebih mempunyai kesempatan yang besar kalo pilih kampus yang ada di jakarta bila dibandingin sama kampus di provinsi lain.

5. Berdo’a dan berdo’a

SNMPTN sama-halnya dengan SBMPTN bahkan jauh lebih tidak terukur, maka setelah kamu berusaha, kamu tinggal berdo’a yang terbaik untuk kamu. Dan jika gagal di SNMPTN itu bukanlah hal yang menghentikan kamu, itu berarti Tuhan memberikan jalan lain yang lebih baik untuk kamu.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : SMAN1Pekalongan | Flickr

loading...
Share this :
loading...