//Bukan 4 Sehat 5 Sempurna Tetapi Pola Gizi Sehat
Bukan 4 Sehat 5 Sempurna Tetapi Pola Gizi Sehat

Bukan 4 Sehat 5 Sempurna Tetapi Pola Gizi Sehat

Slogan ini awalnya muncul pada tahun 1952 dan sejak periode tersebut, 4 sehat 5 sempurna selalu menjadi prinsip utama bila ingin hidup sehat. Sebenarnya, prinsip tersebut terinspirasi dari prinsip Basic Four yang popular di Amerika pada era 1940-an. Namun seiring berjalannya waktu, slogan ini tidak lagi sesuai dengan kehidupan di zaman sekarang.

4 Sehat 5 Sempurna memang sudah sangat familiar didengar. Konsep ini pertama kali dicanangkan pada tahun 1952 oleh Prof. Poerwo Soedarmo.  Setelah itu, konsep  4 Sehat 5 Sempurna digunakan sebagai kampanye pemerintah yang dilakukan pada tahun 1955. Saat itu masyarakat Indonesia tidak memiliki pengetahuan mengenai pola makan yang benar. Pemerintah membuat kampanye ini untuk menjelaskan pentingnya nutrisi dan pola makan yang benar.

Kalimat ini bukan sembarang slogan yang digunakan oleh pemerintah. Slogan ini menjadi konsep pola makan yang paling terkenal di Indonesia. Penekanan pesan ada pada keseimbangan makanan yang diperoleh dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan konsumsi susu. Sekarang konsep ini sudah dianggap kurang tepat. Sejak tahun 1990-an pemerintah menggalangkan kampanye baru mengenai pola makan yaitu gizi seimbang

Pedoman Gizi Seimbang mendasar pada Prinsip Nutrition Guide for Balanced Diet yang merupakan hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia di Roma Tahun 1992. Prinsip ini diyakini akan mampu mengatasi beban ganda masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi.

Makanan Pokok

Makanan pokok dianggap makanan yang paling penting untuk dikonsumsi. Makanan pokok adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat berperan penting sebagai sumber energi tubuh. Contoh dari makanan pokok yang sering dikonsumsi adalah nasi, jagung, sagu, dan singkong. Sekarang, sumber karbohidrat lain yang populer adalah kentang dan gandum. Nasi atau beras adalah makanan pokok utama masyarakat Indonesia. Beras yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah beras merah karena beras ini memiliki kadar gula yang lebih rendah dari beras putih.

Lauk Pauk

Inti utama dari kandungan lauk pauk adalah protein. Protein bisa didapatkan dari sumber hewani atau nabati. Sumber hewani misalnya adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan telur. Sedangkan sumber nabati adalah tahu dan tempe. Protein penting untuk produksi sel, membentuk sistem imun, dan menjaga kerja hormon. Beberapa sumber hewani seperti ikan juga mengandung zat yang penting bagi tubuh seperti DHA yang berperan penting untuk perkembangan saraf otak.

Sayur Mayur

Sayur-sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Sayuran hijau misalnya banyak mengandung serat dan vitamin A. Manfaat zat yang ada dalam sayuran adalah untuk memperlancar pencernaan, mengganti sumber protein yang hilang, dan melindungi tubuh dari kanker. Contoh sayuran adalah sawi, wortel, brokoli, dan kubis. Sayuran dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis untuk menjaga kandungan didalamnya. Beberapa sayuran seperti wortel juga dapat dikonsumsi mentah.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral, dan air yang sangat penting untuk tubuh. Setiap buah memiliki kandungan vitamin yang beragam. Buah jeruk kaya akan vitamin C yang menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Buah beri dan manggis baik untuk pencernaan dan dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan buah apel dan pisang kaya akan antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari radikal bebas.

Susu

Susu merupakan bagian dari 5 Sempurna dalam konsep ini. Kampanye ini menekankan bahwa susu adalah pelengkap dari makanan yang telah disebutkan. Susu dapat berupa hasil hewani atau nabati. Contoh susu yang berasal dari hewani adalah susu sapi dan susu kambing, sedangkan susu kedelai dan susu almond adalah contoh susu nabati. Susu baik untuk tubuh karena kaya akan protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Walaupun susu baik untuk kesehatan, ada baiknya untuk memilih susu cair rendah lemak.

Pedoman Gizi Seimbang

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan pengganti 4 sehat 5 sempurna, yaitu prinsip gizi seimbang. Prinsip ini memang baru dikeluarkan dan disahkan pada tahun 2014 lalu, sehingga tidak banyak orang yang tahu bahwa 4 sehat 5 sempurna tidak berlaku lagi.

Pedoman ini dibuat untuk menyempurnakan kekurangan pada 4 Sehat 5 Sempurna yang dianggap terlalu ringkas dan kurang spesifik. Pedoman Gizi Seimbang menitik beratkan pada keseimbangan gizi yang diperoleh dari beberapa susunan makanan sesuai dengan kebutuhan gizi seseorang.

Pesan kesehatan yang tak beragam

Dalam slogan gizi seimbang yang baru ini, disebutkan beberapa anjuran lain bila Anda ingin hidup sehat, seperti berolahraga rutin, mengatur porsi, memantau berat badan secara teratur, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan zat gizi. Selain itu, aktivitas sehat ini juga dapat memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh, termasuk metabolisme zat gizi.

Bagi orang dewasa, salah satu indikator yang menunjukkan bahwa telah terjadi keseimbangan zat gizi di dalam tubuh adalah tercapainya berat badan ideal. Indikator tersebut dapat diketahui dengan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT).

Susu tidak wajib jadi pelengkap

Susu tidak lagi harus ada di dalam menu Anda, sebab susu memiliki kandungan yang sama seperti lauk protein hewani. Sedangkan kandungan lain yang ada di susu seperti kalsium, fosfor, dan zat besi, juga bisa Anda temukan dalam berbagai protein hewani lainnya.

Sayangnya, semua makanan yang mengandung protein ini biasanya diolah dengan cara digoreng. Hal tersebut tentu saja mengurangi manfaat dari bahan pangan tersebut. Jika Anda ingin memaksimalkan manfaat dari sumber protein tadi, cobalah mengolahnya dengan cara lain, misalnya direbus atau dikukus.

Tidak ada ketentuan porsi

Di dalam slogan kesehatan yang lama, tidak ada ketentuan dan aturan seberapa banyak porsi makan dalam sehari. Padahal, ketentuan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah Anda mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Pada pedoman gizi seimbang Anda juga bisa mendapatkan pembagian porsi makanan di dalam piring makan Anda.

Fokus pada variasi bahan makanan

Semakin banyak bahan makanan yang Anda makan, semakin baik kandungan gizinya. Dalam prinsip gizi seimbang, ditekankan juga untuk mengonsumsi beragam jenis bahan makanan. Tidak hanya bergantung dengan satu jenis makanan saja, seperti makanan pokok yang bisa diganti dengan jagung, mie, ubi, atau kentang – tak melulu harus nasi. Sedangkan di dalam slogan yang terdahulu tidak ada pesan tersebut.

Nasi merupakan sumber utama kalori, tetapi miskin vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi miskin kalori dan protein. Ikan merupakan sumber utama protein, tetapi sedikit kalori.

Nah, jika Anda tidak mengombinasikan asupan-asupan tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan kekurangan gizi, yang pada akhirnya memicu timbulnya beberapa penyakit.

Konsumsi air mineral yang terlewatkan

Dalam 4 sehat 5 sempurna tidak disebutkan bahwa Anda harus mengonsumsi air mineral. Padahal pemenuhan cairan sangat penting untuk menjaga status hidrasi. Cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan Anda hanyalah air mineral. Oleh karena itu, pada pedoman gizi seimbang, Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Membiasakan perilaku hidup bersih

Dengan membiasakan perilaku hidup bersih, Anda akan terhindar dari kuman, virus atau bakteri, yang dapat mencetuskan suatu penyakit.

Karena pada umumnya, penyakit infeksi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi status gizi seseorang, terutama anak-anak. Seseorang yang menderita penyakit infeksi akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga jumlah dan jenis zat gizi yang masuk ke tubuh berkurang.

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US