//Berwirausaha Sejak Kuliah, Mengganggu atau Bermanfaat ?

Berwirausaha Sejak Kuliah, Mengganggu atau Bermanfaat ?

Saat ini, banyak sekali anak muda yang mulai berkarir menjadi seorang wirausaha, bahkan hal ini dilakukan sejak mereka berada di bangku kuliah. Tentu saja, ada yang berhasil dan ada pula yang gagal. Lalu mana yang sebaiknya kamu lakukan ? Apakah berwirausaha sejak kuliah itu mengganggu atau bermanfaat ?

Siswa yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang masih muda, siswa yang belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.

Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian kala ia dewasa.

Namun, tentu saja berwirausaha membutuhkan banyak waktu hingga banyak diantara mahasiswa yang justru kehilangan waktu belajar karena sibuk mengurusi projekkannya. Hal ini juga bisa berbahaya, terutama jika tidak bisa mengatur waktu, yang berimbas pada ketidakmampuan untuk mengurusi dua hal yang berbeda sekaligus, kuliahnya gak bener, wirausahanya juga gak ada perkembangan. Namun bagaimanapun, dari hal tersebut tetap saja mahasiswa yang berwirausaha bisa belajar banyak hal.

Berikut beberapa keuntungan dengan menjadi wirausahawan sejak masih kuliah :

Menjadi pribadi kreatif

Mahasiswa yang berani berwirausaha tentu saja dia merupakan pribadi kreatif dan berani mencoba, dengan berbagai terobosannya. Tujuan melatih jiwa kewirausahaan sejak dini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk tumbuh menjadi pribadi kreatif.

Entrepreneur / pengusaha di Indonesia masih tergolong sedikit. Kalau mau negara sukses, harus perbanyak entrepreneur. Kalau semua bercita-cita menjadi pegawai, beban negara berat. Mahasiswa bisa belajar kreatif sejak dini. Mahasiswa pun harus percaya diri untuk menjadi entrepreneur.

Mahasiwa Entrepreneur harus bisa mengungkapkan gagasan dan ide-idenya menjadi sesuatu yang real dan bermanfaat bagi lingkungan di sekitar.

Produktif dan tidak konsumtif

Melalui kegiatan entrepreneurship, mahasiswa akan belajar supaya lebih produktif dan tidak konsumtif. Terlebih jika berwirausaha bersama tim, bisa sangat menunjukan bagaimana satu tim harus kompak, solid, dan pemahaman satu sama lainnya.

Mahasiswa yang berentrepreneur mendorong dirinya sendiri untuk membuat sesuatu dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang produktif dengan menghasilkan karya dan produk yang bermanfaat. Selain itu, dengan berwirausaha, kita akan belajar bagaimana cara mengatur keuangan, tidak boleh seenaknya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Gigih

Apa itu gigih ? tidak mudah menyerah ? ya, jiwa yang gigih adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Termasuk bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, banyak sekali yang harus dikerjakan dan diperjuangkan, belum lagi masih harus belajar di kampus, tentu kegigihan inilah yang harus dimiliki. Jiwa yang gigih merupakan salah satu syarat untuk meraih kesuksesan hidup.

Menjadi wirausaha sejak dini bisa bermanfaat atau bahkan sebaliknya, tergantung pribadi itu sendiri. Yang jelas banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan dari menjadi seorang wirausahawan sejak dini. Menjadi wirausahawan berarti sebuah pilihan untuk lebih baik dimasa depan dengan mempelajari berbagai pelajaran hidup secara real.

 

loading...
Share this :
loading...