//Tentang Beasiswa Bidikmisi 2017

Tentang Beasiswa Bidikmisi 2017

Baiklah teman-teman, pertama-tama mari kita mengerti dahulu apa itu BIDIKMISI. Beasiswa Bidikmisi ini merupakan bantuan biaya pendidikan, dimana Bidikmisi ini di fokuskan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi.

Jadi, kesimpulannya bagi yang berprestasi, tapi secara ekonomi mampu, maka kamu tidak bisa mendapatkan beasiswa bidikmisi. Namun tentunya, yang akan mendapatkan beasiswa bidikmisi ini adalah orang-orang yang punya prestasi, dan kemauan untuk menyelsaikan pendidikan mereka di perguruan tinggi.

Untuk mendaftar beasiswa Bidikmisi ini, kamu harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah, berupa : Rekomendasi Tidak Mampu Secara Ekonomi dan Rekomendasi Mempunyai Potensi yang Baik Secara Akademik.

Setidaknya ada 7 syarat utama bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa Bidikmisi tahun 2017, diantaranya adalah :

  • Merupakan Siswa SMA/SMK/MA/sederajat, yang akan lulus tahun 2017
  • Lulusan 2016, bukan yang pernah menerima Bidikmisi, serta tidak bertentangan dengan syarat atau ketentuan yang berlaku di masing-masing Perguruan Tinggi.
  • Usia maksimum 21 Tahun
  • Tidak mampu secara ekonomi ( Memiliki BSM/KIP atau gabungan penghasilan Orang Tua kurang dari 3 Juta Rupiah )
  • Pendidikan orang tua setinggi-tingginya S1 atau DIV
  • Rekomendasi Kepala Sekolah
  • Memilih salah-satu diantara PTN atau PTS (SNMPTN/SBMPTN/Seleksi Mandiri)

Proses Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi

Proses pendaftaran Bidikmisi sendiri sebenarnya cukup mudah, dan ada berbagai macam jenis ujian, sehingga apabila tidak bisa atau tidak lulus di satu jalur ujian, maka masih ada kesempatan lain di jenis ujian yang lainnya.

Bidikmisi pendaftarananya di buka melalui 4 jalur, melalui jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta.

Nah inilah proses pendaftaran beasiswa bidikmisi 2017 selaengkapnya :

1. Jalur SNMPTN 2017

– Pendaftaran Sekolah pemberi rekomendasi. Sekolah mendaftarkan diri ke website resmi bidikmisi tahun 2016 yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Sekolah mendaftar untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.

– Verifikasi dari Ditjen dikti, waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.

– Sekolah merekomendasikan siswa-nya, melalui website resmi bidikmisi 2016 (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id), menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.

– Sekolah membagikan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah di dapat kepada siswa yang sudah direkomendasikan.

– Siswa mendaftar melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.

2. Jalur SBMPTN 2017

– Siswa calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

– Siswa calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman web resmi bidik misi di atas.

– Siswa calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti, selanjutnya akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2017 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.

– Siswa calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan tidak lulus melalui SNMPTN 2017, tinggal menggunakan KAP dan PIN saat mendaftar SNMPTN untuk mendaftar SBMPTN 2017, tentunya tanpa harus membayar biaya seleksi.

– Sedangkan bagi Siswa calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN kemudian ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN, tidak dapat memakai PIN yang telah diperoleh dan dinyatakan tidak berlaku. Sehingga siswa tersebut harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

3. Jalur PMDK-PN (Politeknik Negeri) 2017

– Calon peserta merupakan siswa SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, bahkan termasuk sekolah RI yang ada di luar negeri.

– Sekolah tersebut terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2017

– Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2017.

– Mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

– Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

– Siswa mempunyai prestasi akademik yang baik di sekolah setiap semesternya.

4. Jalur seleksi mandiri PTN dan PTS

Untuk jalur ini, persyaratan pendaftaran yang harus dilengkapi oleh setiap siswa calon penerima beasiswa bidikmisi  di PTN atau PTS adalah sesuai dengan aturan PTN atau PTS masing-masing dengan cara mengunjungi situs web universitas tersebut.

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Bidikmisi Team | Flickr

loading...
Share this :
loading...