//Batik Terkenal Karena Klaim Malaysia, Benarkah ?

Batik Terkenal Karena Klaim Malaysia, Benarkah ?

Sekitar sepuluh tahunan yang lalu, ada sekitar 6 warisan budaya Indonesia yang dikait-kaitkan dan di klaim oleh Malaysia sebagai budaya mereka, salah satunya ialah batik. Batik yang saat ini menjadi sebuah kebanggaan ketika dipakai oleh sesorang untuk bepergian ke suatu acara resmi, dulu memang tidak se-fenomenal sekarang.

Sekarang, memakai batik telah menjadi keharusan tersendiri bagi masyarkat kita, baik dalam kehidupan sehari-hari seperti bekerja, ke acara-acara formal bahkan non formal juga sekarang banyak yang mengenakan batik seiring dengan semakin banyak dan ragamnya gaya batik saat sekarang ini.

Hal ini menunjukan kesuksesan dari pemerintah pada kala itu yang mengintruksikan penggunaan batik di hari-hari tertentu hingga bisa mendarah daging sampai saat ini.

Satu hal yang pasti adalah, kita menyadari bahwa batik adalah budaya kita, namun hal tersebut timbul lebih karena adanya unsur eksternal yakni klaim dari negara tetangga.

Memang bukan hanya batik yang saat itu di klaim, ada Reog Ponorogo, Tari Pendet, Lagu Rasa Sayange, Keris, dan Wayang Kulit. Peristiwa klaim tersebut lah yang ternyata baik terhadap perkembangan kebudayaan di tanah air ini.

Pemerintah dari mulai saat itu, melalui Kementrian Kebudayaan serta organisasi-organisasi kebudayaan masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga budaya milik kita agar tidak di klaim lagi oleh orang asing.

Dan jika kita resapi lebih dalam, peristiwa tersebut harusnya selalu mengingatkan kita untuk senantiasa peduli dengan budaya kita. Karena budaya Indonesia bukan hanya Batik, masih banyak sekali budaya bangsa ini yang hampir punah dan tidak tersentuh pembaharuan untuk melestarikannya.

Kesimpulannya mungkin seperti ini : “Kita lebih baik menjadi bangsa dan diri yang sadar sendiri, sebelum menyesal dan disadarkan oleh orang lain.”

Yang jelas hari ini, 02 Oktober 2016, kita rayakan Hari Batik Sedunia ! Hidup budaya tanah air.

(MSA)

Image Source : Stephen Kennedy

loading...
Share this :
loading...