//Asal Mula Hari Bumi 22 April

Asal Mula Hari Bumi 22 April

22 April, kenapa kita merayakan hari Bumi sedunia pada tanggal ini ? Baiklah gais, kita bakalan mencoba untuk mengupas sejarah dibalik penetapan tanggal 22 April sebagai tanggal peringatan hari Bumi sedunia.

Saat ini, di dunia yang semakin modern ini, kita sebagai manusia dituntut untuk tidak hanya memanfaatkan dan mengeksplorasi lingkungan dengan seenaknya, namun juga diperlukan kesadaran dalam diri masing-masing yang menjadikan peduli lingkungan sebagai prioritas di kehidupan kita sehari-hari.

Kurangnya Kesadaran Terhadap Bumi dan Lingkungan

Pada masa-masa terdahulu, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, dan menjadikan peduli lingkungan sebagai dasar sangatlah minim, kita hanya peduli dengan kebutuhan kita, sementara bumi ini menderita karena ulah manusia.

Pada masa yang lalu, ekplorasi terhadap alam dilakukan secara besar-besaran. Polusi dan pencemaran lingkungan ada dimana-mana, kurangnya kesadaran akan ruang terbuka hijau, dan lain sebagainya.

Gerakan Gaylord Nelson

Hingga pada tahun 1970, tepatnya pada tanggal 22 April, seorang senator asal Amerika Serikat yaitu Gaylord Nelson yang menggugah hati jutaan masyarakat Amerika Serikat untuk turun tumpah ruah ke jalanan, dan menyuarkan aksi peduli lingkungan.

Apa yang dipaparkan Nelson ini begitu beralasan dan logis dengan fakta-fakta yang ada, sehingga masyarakat Amerika dan masyarakat di belahan bumi lainnya mulai sadar betapa buruknya apa yang kita lakukan kepada bumi, dan sadar akan bahaya-bahaya apa saja yang akan terjadi pada kita dan bumi ini jika kita tidak melakukan sesuatu untuk menanggulanginya

KTT Bumi di Rio De Jenairo

Pada tahun 1992, kembali digelarlah KTT Bumi di Rio De Jenairo untuk membahas isu-isu tersebut. Setelah itu semakin banyak gerakan-gerakan yang menyuarakan peduli lingkungan, dan akhirnya pada tahun 2000, ditetapkanlah tanggal 22 April sebagai hari Bumi sedunia, untuk mengingatkan orang-orang diseluruh dunia betapa pentingnya bumi ini, sebagai rumah dimana kita tinggal.

Di tanggal ini, banyak aksi-aksi bersama yang digerakan diseluruh dunia, seperti menanam pohon bersama Kampanye Cinta Linngkungan, Earth Hour, dan lain sebagainya. So, apa aksi kamu gaiss ?

 

 

Keep Calm and Stay Curious.

Silahkan bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

loading...
Share this :
loading...