//Apa Itu Beasiswa STUNED ?

Apa Itu Beasiswa STUNED ?

Bagi kamu yang kebetulan sedang cari-cari informasi tentang Beasiswa maka program beasiswa StuNed ini mungkin saja cocok untuk kamu.

Pertama, yang harus kamu tahu adalah bahwa program beasiswa ini adalah program kerja sama bilateral antara dua pemerintahan, yakni Belanda dan Indonesia dimana Belanda memberikan beasiswa bagi masyarakat Indonesia untuk belajar di berbagai bidang penting seperti keuangan, ekonomi. perdagangan, Transportasi dan Logistik, Keamanan, Hukum, Pangan, Air dan Kesehatan. Kerjasama ini sendiri direncanakan untuk tahun 2014-2017.

Kedua, yang akan kamu dapatkan ketika meraih beasiswa ini cukup istimewa seperti Uang kuliah (maksimum EUR 20.000 per tahun), Uang Bulanan, Biaya perjalanan internasional dan lokal dan Biaya lainnya yang kamu perlukan untuk mendukung studi.

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa ini, namun kamu juga bisa menjadi kandidat yang di prioritaskan jika Program studi atau area pekerjaan kamu saat ini berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda di atas, dan jika kamu dikategorikan berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang, yaitu  memiliki prestasi akademis dan non akademis/kepemimpinan yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.

Beasiswa ini sendiri meliputi 3 program yakni Program Master, Short Course, dan Tailor Made. Berikut keterangan selengkapnya beserta syarat-syarat dari masing-masing program :

1. Program Master

Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie)

Beberapa persyaratan umum bagi kamu yang berminat mengikuti Program Master :

1. Fotokopi KTP atau paspor, untuk membuktikan kamu berkewarganegaraan Indonesia.

2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

4. Mendapatkan persetujuan dari institusi (bagi karyawan/pegawai); dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed. Fresh graduate juga dapat melamar beasiswa ini.

5. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;

6. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 80, atau IELTS minimal 6.0. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).

7. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website resmi StuNed.

8. Tidak ada batas umur.

2. Short Course

Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma.

Persyaratan umum :

Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.

2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi  Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

3. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir, dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.

5. Persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.

6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;

7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes. (Pengecualian diberikan kepada pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran).

8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;

9. Tidak ada batas umur.

3. Tailor Made

Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

Persyaratan Umum : 

  • Warga negara Indonesia
  • Pendidikan minimal S1/D4
  • Staf tingkat madya, dengan pengalaman kerja minimal dua tahun, di bidang yang relevan dengan pelatihan yang diajukan
  • Minimal memiliki nilai TOEFL ITP 525 yang masih berlaku (dua tahun sejak tanggal test)
  • Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu dan ketrampilan setelah menyelesaikan pelatihan

Untuk Formulir Pendaftaran, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya : Neso Indonesia

 

loading...
Share this :
loading...