//Alasan Kenapa Harus Membangun Kebiasaan Membaca

Alasan Kenapa Harus Membangun Kebiasaan Membaca

Kapan terakhir kali kamu membaca sebuah buku ? atau bahkan kapan terakhir kali kamu membaca status di sosial media ?Membaca adalah kegiatan yang sangta-sangat bermanfaat, dengan membaca kita telah memberikan semacam makanan untuk di cerna oleh otak kita,tapi tentu saja dengan membaca sesuatu yang baik dan juga bermanfaat.

Apakah saat ini kamu termasuk orang yang sudah terbiasa untuk membaca buku secara reguler ? Jika belum,kamu harus tahu beberapa alasan kenapa harus membangun kebiasaan membaca secara reguler dan teratur :

1. Sumber pengetahuan

Membaca adalah jalan masuknya pengetahuan,dengan membaca buku-buku yang bermanfaat kamu akan menjadi orang yang mempunyai pengetahuan yang tinggi, yang tentu saja akan berguna untuk kehidupan kamu. Karena pengetahuan itu sangat ringan dan mampu membuat hidup kita menjadi lebih mudah dengan mengetahui banyak hal.

2. Penghilang stres

Membaca buku adalah hal yang sangat efektif bagi kamu untuk menghilangkan stress, kita akan mengalihkan otak kita dari yang sebelumnya terfokus terhadap semua masalah, menjadi terfokus terhadap sesuatu yang kita baca yang tanpa kita sadari membuat keadaan tubuh kita semakin rileks dan nyaman.

3. Peningkatan daya ingat

Orang yang membaca cenderung memiliki memori dan pengingatan yang baik, dikarenakan otaknya yang senantiasa bekerja dan menyerap informasi dari sesuatu yang telah dibaca.

4. Peningkatan kemampuan berfikir analitis

Pernahkah kamu membaca sebuah kisah atau novel ? ketika membaca kamu mengikuti kisahnya dan bahkan sebelum cerita tersebut usai,kamu secara tidak sadar telah menganalisa dan menebak-nebak bagaimana kisah akhir dari cerita tersebut. Ketika membaca sesuatu otak kamu akan menguraikan hal tersebut dan menganalisis segala hal tentang apa yang kamu baca. Keren bukan ?

5. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Membaca buku memang membutuhkan fokus dan konsentrasi, maka semaik reguler kamu membaca buku setiap harinya, maka kamu akan meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu dalam hal lainnya.

6. Kemampuan menulis yang lebih baik

Kemampuan menulis disini bukan berarti bentuk dari tulisan kamu, tapi apa yang kamu tulis, isi dan maknanya. Semakin banyak kita membaca semakin baik pula kita dalam merangkai kata-kata untuk dituangkan kedalam sebuah tulisan.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Tristan | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US