//Akhirnya Rektor UII Mengundurkan Diri Pasca 3 Mahasiswanya Meninggal

Akhirnya Rektor UII Mengundurkan Diri Pasca 3 Mahasiswanya Meninggal

Kamis (26/1/2017) kemarin, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Dr Harsoyo menyatakan untuk mengundurkan diri dari jabatannya di hadapan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek) RI Mohammad Nasir dalam rapat tertutup dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Yogyakarta.

Bahkan Harsoyo memohon maaf kepada seluruh masyarakat karena merasa bahwa kejadian yang terjadi di kampus yang menjadi tanggung jawabnya itu telah mencoreng nama baik pendidikan di Indonesia.

“Sebagai pimpinan dan tanggung jawab moral, saya mengundurkan diri. Kesalahan mutlak pada pimpinan. Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena telah mencoreng nama baik Pendidikan Indonesia,” ujar Harsoyo

Rektor yang telah memimpin UII sejak 2014 ini juga mengutarakan bahwa tidak ada paksaan dari manapun tentang keputusan yang diambil olehnya tersebut.

“Tidak ada paksaan atau atau sanksi, murni dari saya secara moral karena saya gagal memimpin,” tuturnya.

“Dari pada pertanggungjawaban saya di akhirat nantinya berat,” kata dia.

Niat untuk mengundurkan diri, kata Harsoyo, sudah ada sejak kabar meninggalnya mahasiswa atas nama Muhammad Fadhli pada Jumat (20/1/2017).

Surat pengunduran diri pun sudah disusun, namun baru hari Kamis (26/1/2017) saat bertemu Menristekdikti surat itu baru diajukan.

Sementara itu, Mentri Riset dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir Mengapresiasi apa yang di lakukan oleh Harsoyo tersebut.

Di lain pihak, ada juga sekelompok mahasiswa UII yang merasa simpati dan justru tidak rela jika Rektornya tersebut mengundurkan diri. Bahkan di internet sudah ramai adanya petisi untuk menolak lengsernya sang Rektor tersebut karena di anggap bukan kesalahan beliau mengenai apa yang terjadi pada peristiwa Diksar UII minggu lalu tersebut.

loading...
Share this :
loading...