//9 Kesalahan Gestur Tubuh Yang Harus Kamu Hindari !

9 Kesalahan Gestur Tubuh Yang Harus Kamu Hindari !

Seberapa pentingkah gestur tubuh yang baik ? yap, sangat penting. Gestur, merupakan bahasa lain selain kata-kata. Dan, bahkan orang bisa membaca isyarat lebih baik dari gerak-gerik yang seseorang tampilkan. Tepatnya. lidah bisa berbohong, tapi tidak dengan tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita berkomunikasi, ada baiknya kita mengetahui beberapa kesalahan gestur tubuh yang bisa menyebabkan kamu terlihat kurang baik dimata lawan bicara ataupun orang-orang di sekitar kamu. Menurut penelitian, orang-orang yang sukses dan mempunyai karir yang baik merupakan orang-orang yang mempunyai gestur dan gerak-gerik tubuh yang baik.

Berikut 9 kesalahan gestur tubuh yang harus kamu hindari dalam kehidupan kamu sehari-hari :

1. Menyilang tangan

Menyilangkan tangan di dada memberikan tanda kurang baik bagi lawan bicara kamu. Yang terlihat adalah kamu merupakan orang yang tidak terbuka dan menolak apa yang orang lain katakan. Mungkin kamu tidak merasa bahwa kamu menolak atau tidak mendengarkan pembicaraan orang tersebut, namun kebanyakan orang akan tidak senang dengan gerak-gerik tubuh kamu yang seperti itu.

2. Inkonsisten

Orang yang berbicara dengan kamu bisa melihat inkonsistensi yang kamu lakukan, inkonsitensi disini ialah perbedaan gerak atau mimik wajah dengan apa yang kamu katakan. Contoh mudahnya, ketika orang lain berbicara kepadamu dan kamu mengatakan persetujuan atas hal tersebut, tapi tidak dengan mimik wajah kamu yang mengkerut dan menyiratkan sebaliknya. Lebih baik berkata jujur, daripada kamu terlihat sebagai orang yang inkonsiten dan akan sulit di percaya orang lain di kemudian harinya.

3. Postur bungkuk

Percayalah, ketika posisi tubuh seperti ini, kamu akan terlihat sebagai orang yang tidak semangat dan terlihat tidak menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang ada di sekitar anda. Selain itu, pada dasarnya memang banyak hal-hal negatif dari postur tubuh membungkuk yang juga bisa berimbas pada kesehatan kamu. Jadi, cobalah untuk berdiri tegak dan perlihatkan bahwa kamu merupakan orang yang mempunyai semangat.

4. Menghindari kontak mata

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, terutama dalam dunia bisnis, kontak mata merupakan hal yang penting. Orang yang seketika menghindari kontak mata akan terlihat menyembunyikan sesuatu dan menimbulkan kecurigaan dari lawan bicara yang di hadapi.

5. Kontak mata terlalu intens

Ingat, menghindari kontak mata, bukan berarti juga kamu harus menatap mata dengan intens, setidaknya harus ada jeda per sepuluh detik agar kamu tidak terlihat seperti orang yang ingin mendominasi dan agresif terhadap lawan bicara kamu.

6. Melihat jam

Ketika sedang asyik berbicara dengan orang lain, usahakan untuk tidak  melihat jam, baik jam dinding atau jam tangan. Melihat jam akan membuat kamu terlihat seperti tidak nyaman dan ingin sesegera mengakhiri topik yang sedang kamu bicarakan dengan lawan bicara kamu.

 7. Cemberut

Cemberut akan membuat penilaian orang lain menjadi rendah padamu, kamu akan terlihat sebagai orang yang tidak memiliki semangat, dan tidak menyenangkan untuk di ajak bicara. Usahakanlah untuk menjaga mimik wajah kamu tetap baik, dan sesekali tersenyum akan sangat baik.

8. Jabatan tangan yang lemah

Ketika pertama kali bertemu dengan orang lain, berjabat tangan dengan lemah juga mengisyaratkan kamu orang yang tidak terbuka dan kurang menghargai orang lain. Berikan sedikit tenaga dan jabat erat tangan lawan berbicara ketika pertama kali bertemu.

9. Gerakan berlebihan

Banyak bergerak dengan tujuan agar kamu terlihat sebagai orang yang asik merupakan kesalahan berikutnya. Kamu justru akan terlihat seperti orang yang tidak jelas dan sedikit aneh, bahkan bisa saja membuat orang lain justru sulit enjoy dan terganggu dengan gerakan-gerakan yang kamu lakukan, Contohnya mengangguk-ngangukan kepala berlebihan, mengerak-gerakan tangan dan kaki tanpa tujuan jelas, dan lain sebagainya.

loading...
Share this :
loading...