//7 Negara Termiskin di Dunia 2015

7 Negara Termiskin di Dunia 2015

7 Negara termiskin ini bisa di ukur berdasarkan besarnya  nilai PDB atau Produk Domestik Bruto suatu negara, yang menggambarkan seberapa besar kekuatan ekonomi negara tersebut, dan PDB per-kapita yakni nilai rata-rata kesehjateraan masyarakat tersebut.

Namun para ekonom lebih suka mengukur nilai suatu negara berdasarkan PDB parietas daya beli, karena PDB dan PDB per-kapita dinyatakan dalam mata uang lokal suatu negara, sementara PDB parietas daya beli membandingkan nilai seuatu negara berdasarkan biaya hidup relatif negara tersebut dan tingkat inflasi, karena akan lebih menggambarkan dalam pendapatan masyarakatnya.

So guys, dengan menggabungkan dua cara pengukuran tadi, inilah 7 Negara Termiskin di Dunia 2015 :

7. Mozambik

IMF memperkirakan bahwa PDB per-kapita negara ini pada tahun2015 adalah kurang dari USD 1.210. Meskipun ini lebih baik dapida beberapa dekade sebelumnya dengan berkembangnya beberapa industri, seperti industri penggalian namun tetap saja belum merubah kondisi masyarakatnya secara umum, terutama yang berada di pedesaan.

6. Niger

Kurang stabilnya kondisi politik dan rapuhnya lembaga-lembaga pemerintahan di negara ini menjadi salah satu penyebab masih terpuruknya ekonomi di Niger. Estimasi PDB per-kapita Niger pada tahun 2015 adalah USD 1.070

5. Burundi

Lagi-lagi kestabilan politik yang terjadi di negara ini mengancam pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya mulai membaik. Di tambah dengan kondisi lembaga-lembaga pemerintahan yang di gerogoti oleh kegiatan korupsi semakin mem-perparah keadaan. IMF memperkirakan pendapatan per-kapita Burundi ditahun 2015 adalah USD 951.

4. Liberia

Di posisi ke-empat ada Liberia, sebuah negara yang masih menderita oleh sisa-sisa perang saudara 20 Tahun. Ekonomi di negara ini masih lemah dan standar hidup di negara ini juga yang lemah, kurangnya pendidikan sehingga masih banyaknya buta huruf, dan pemerintah yang korup sangat mempengaruhi keadaan Liberia saat ini.

3. Malawi

Malawi sebagi negara ke-tiga termiskin dunia diperkirakan mempunyai pendapatan per-kapita sebesar USD 820. Walaupun begitu selama beberapa tahun terakhir ada perbaikan dalam bidang ekonomi, hanya saja inflasi masih menjadi momok untuk negara ini.

2. Republik Demokratik Kongo

Penyebab Kongo menjadi negara kedua termiskin di dunia adalah konflik bekepanjangan yang menghambat perkembangan ekonomi,dan kelembagaan di negara ini. Pendapatan per-kapita Kongo di tahun 2015 ini adalahUSD 750.

1. Republik Afrika Tengah

Pendapatan per-kapita negar ini pada tahun 2015 menjadi yang terendah dunia dengan hanya USD 640. Kemiskinan di Afrika Tengah meluas karena terus berlangsungnya konflik-konflik sektarian, salah urus politik dan korupsi yang merajalela.

Itulah 7 Negara termiskin di duni tahun 2015, dan semuanya merupakan negara yang berasal dari benua hitam, Afrika.

Kebanyakan negara di Afrika masih terpuruk di SDM karena sangat lamanya mereka mengalami penjajahan kemudian sekarang penjajahan yang dilakukan oleh mereka sendiri terhadap bangsa-nya.

Semoga Afrika mengalami perubahan dan perkembangan yang lebih baik di beberapa tahun ke-depan.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : K.Echer | Flickr

loading...
Share this :
loading...
[NUMBER OF ADS IN RESPONSE] <![CDATA[ad title]]> bid in $US