//7 BUMN Terbesar di Indonesia

7 BUMN Terbesar di Indonesia

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan perusahaan yang setiap penghasilannya di masukan kedalam kas Negara. Secara struktur memang sama saja seperti perusahaan biasanya, hanya bedanya memang pemegang saham nya adalah negara, beda dengan perusahaan swasta. Lalu, perusahaan apa sajakah yang masuk 7 BUMN terbesar di Indonesia ?

Berikut daftar 7 BUMN terbesar di Indonesia :

1. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Sektor perbankan merupakan sektor yang sangat menguntungkan, dan BRI menjadi Bank yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat tanah air. Bahkan bisa dibilang kantor-kantor bank BRI ada di setiap kecamatan di Indonesia. Dan yang terbaru, BRI telah meluncurkan satelitnya sendiri untuk menopang kinerja terbaik dalam melayani pelanggannya. Perusahaan ini tercatat menghasilkan laba bersih 25 Triliun di tahun 2014.

2. PT Telkom

Dari tahun ke tahun, salah satu perusahaan dengan kinerja bisnis terbaik dan menguasai pasar telekomunikasi di tanah air, Telkom menghasilkan laba bersih 21,5 Triliun di tahun 2014. Tak heran jika PT Telkom ini menjadi salah satu perusahaan paling diminati para pencari kerja tanah air.

3. PT Bank Mandiri

Di tempat ke tiga, kembali di tempati oleh perusahaan perbankan. Ya, Bank Mandiri berhasil membukukan laba bersih 20,5 Triliun di tahun 2014. Ini juga menjadi salah satu bukti bahwa industri perbankan tanah air terus menggeliat seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat menengah tanah air.

4. PT Pertamina

Industri perminyakan dan bahan bakar memang selalu menjadi hal yang penting dalam kehidupan. Pertamina yang menguasai industri ini, memiliki laba bersih, 18,3 Triliun di tahun 2014. Pertamina menjadi perusahaan BUMN yang tetap stabil dari tahun ke tahun, meskipun pernah ada masalah karena turun naiknya harga BBM, namun Pertamina ini tetap menghasilkan banyak laba bersih bagi negara. Bahkan beberapa anak perusahaan Pertamina juga terus berkembang dan memberikan penghasilan besar.

5. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Perusahaan yang menyuplai hampir seluruh kebutuhan listrik di tanah air ini menghasilkan laba bersih 12 Triliun di tahun 2014. PT PLN terus berkembang dan membuat banyak Pembangkit Listrik dari berbagai sumber daya yang ada demi meningkatkan pasokan listrik.

6. PT Bank Nasional Indonesia

Bank BNI juga tidak kalah garangnya, perusahaan perbankan ini menghasilkan laba bersih 11 Triliun. Ini juga membuktikan bahwa di sektor perbankan, BUMN-BUMN bisa menguasai pasar dalam negeri. Tentu ini merupakan prestasi yang hadir dari persaingan yang sehat di industri perbankan.

7. PT Perusahaan Gas Negara

Setelah sepuluh tahun lalu, PT Perusahaan Gas Negara mengalami kenaikan-kenaikan yang signifikan sehubungan dengan gas elpiji yang menjadi bahan utama rumah tangga di tanah air. Perusahaan ini menghasilkan laba bersih 9 Triliun.

Image Source : Telkom.co.id

 

loading...
Share this :
loading...