//6 Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

6 Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

Apa arti demokrasi ? Ya, demokrasi bisa diartikan dengan jelas segabai bentuk sistem pemerintahan yang “dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”.

Masa-masa dulu, ketika sistem pemerintahan begitu menyusahkan rakyat, rakyat hanya sebagai bagian yang tidak begitu diperhitungkan. Meskipun begitu sejarah telah menulis bahwa demokrasi merupakan sistem politik yang paling banyak digunakan di negara-negara dunia saat ini. Dengan semakin banyaknya negara yang menjadikan dirinya sebagai negara demokrasi.

Di dunia sendiri, Indonesia sendiri menjadi negara demokrasi terbesar ke-3. Ya, ini karena demokrasi diukur dengan banyaknya rakyat di suatu negara demokrasi. Berikut kita merangkum daftar 6 negara demokrasi terbesar di dunia :

1. India

India, dengan populasi penduduk terbesar ke-2 di dunia ini, menjadi negara demokrasi terbesar di dunia. India sendiri memiliki sistem politik demokrasi liberal. Pemilu terakhir di negara ini digelar pada tahun 2014 yang lalu, bisa dibayangkan bagaimana suasana pemilu di negara ini.

2. Amerika Serikat

Negara Paman Sam merupakan salah satu negara penganut demokrasi tertua dan paling berpengalaman. Demokrasi yang berjalan sangat baik di negara ini menjadikannya negara adikuasa dan negara yang paling berpengaruh  di dunia untuk saat ini. Jumlah pemilih di Amerika Serikat sendiri mencapai 250 juta jiwa.

3. Indonesia

Indonesia semakin sukses dalam melaksanakan pemilu, terbukti di pemilu terakhir kita yang berjalan aman, tertib dan lancar. Meskipun belum bisa dibilang bagus dalam sistem yang efisien jika dibandingkan dengan India pun kita masih kalah, namun pergerakan politik demokrasi Indonesia semakin hari semakin baik. Jumlah hak suara di Indonesia sendiri, pada pemilu tahun 2014 mencapai kurang lebih 190 Juta jiwa.  Tahun 2019 yang akan datang, Indonesia akan kembali melaksanakan pemilu.

4. Brazil

Brazil merupakan negara paling besar dan paling banyak penduduknya di kawasan Amerika Selatan. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 200 juta jiwa dan hak suara pada pemilu sekitar 140 Juta hak suara. Di Brazil, pemilu dilaksanakan 4 tahun sekali.

5. Pakistan

Pakistan yang merupakan negara dengan populasi muslim terbanyak ke-2 di dunia setelah Indonesia, menjadi salah satu negara demokrasi terbesar ke-5 di dunia. Sejatinya negara ini memiliki bentuk pemerintahan Republik Islam, namun untuk pemilihan pemerintah tetap dilaksanakan secara demokrasi melalui pemilu.

Sebenarnya negara ini telah lama dikuasai oleh militer, namun tahun 2013 menjadi titik balik menuju Pakistan yang berdemokrasi dengan diadakannya pemilu yang sukses dan diikuti oleh 60% pemilik suara.

6. Nigeria

Negara yang terletak di benua Afrika bagian barat ini merupakan negara di Afrika dengan penduduk terbanyak. Nigeria sendiri memiliki bentuk pemerintahan Republik Federal. Negara ini melaksanakan pemilu terakhir pada tahun 2015 lalu. Pemilu di Nigeria sendiri diadakan bersamaan untuk pemilihan presiden dan parlemen.

Image Source : roanokecollege | Flickr

Share this :