//6 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Untuk Menghadapi MEA

6 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Untuk Menghadapi MEA

MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah tidak bisa ditahan lagi, dan dampaknya adalah persaingan dunia kerja terutama untuk kamu calon sarjana akan semakin sengit. Ini dikarenakan akan terbukanya persaingan kerja bahkan dengan masyarakat dari negara lain yang ada di Asia Tenggara. Kita sebagai generasi muda Indonesia tentu tidak ingin masa depan kita dan masa depan bangsa kita menjadi suram karena diri kita yang tidak mampu bersaing dengan anak muda dari negara tetangga. Kita harus siap menghadapi MEA.

Kita benar-benar harus meningkatkan kualitas dari diri kita agar kita bisa bersaing dan menang dalam persaingan yang akan semakin ketat. Persaingan kerja yang terbuka ini seharusnya kita manfaatkan untuk menjadi kesempatan bisa bekerja diluar negeri dan karir yang bagus, kita [asti bisa jika memiliki kualitas diri yang bagus.  Berikut 6 hal penting yang harus kamu perhatikan untuk menghadapi MEA :

1. Kuasai Bahasa Asing

Yap, yang pertama tentu saja kita harus meningkatkan skill bahasa Asing kita. Bahasa Inggris memang sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk fasih dalam menguasainya, dan akan lebih baik juga kita bisa menguasi bahasa dari negara-negara di Asean yang kita minati untuk bekerja di suatu hari nanti. Tentu nya akan jadi sebuah keuntungan yang sangat besar jika kamu bisa berbahasa asing dari salah satu negara tujuan kamu di Asean.

2. Tingkatkan Profesionalisme

Dari sekarang kita bisa mulai untuk belajar dan memperhatikan profesionalisme sebagai salah satu hal yang harus kita miliki jika ingin sukses dalam berkarir. Tentu kita harus menguasai apa yang menjadi bidang kita dengan baik. Jangan sampai kita belajar dengan malas dan tidak bisa menunjukan skill dan pengetahuna yang kita miliki. Mulai lah untuk mencari sertifikasi-sertifikasi yang bisa membuktikan kemampuan kamu, seperti sertifikasi bahasa, sertifikasi skill, dan lain sebagainya.

3. Attitude

Attitude disini artinya kamu harus memperbaiki diri kamu yang berhubungan dengan bagaimana tingkah laku kita terhadap orang lain. Memiliki attitue yang baik akan sangat berpengaruh dengan kemampuan kamu untuk bisa beradaptasi dan menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Attitude yang baik akan membuat kamu mudah di terima dan dihargai oleh orang lain.

4. Tingkatkan Skill Komunikasi

Dalam dunia kerja kamiu harus menunjukan kemampuan kamu dalam menyampaikan ide-ide serta gagasan kamu dengan baik. Dalam hal ini, belum tentu orang yang berbahasa asing dengan baik bisa menyampaikan gagasan dengan baik. Pelajarilah bagaimana berbicara di depan orang banyak, dengan effisien dan mampu menyampaikan maksud dan ide-ide kamu dengan baik.

5. Perbanyak Networking

kamu butuh networking, kamu butuh berhubungan baik dengan orang lain dari berbagai bidang, karena dengan memiliki banyak kenalan tentu saja itu akan mempermudah karir kamu. Ketika kamu ada perlu pun kamu akan mendapatkan bantuan. Dan yang paling penting adalah ketika semakin banyak orang-orang mengenalmu makan peluang dan jalan kesuksesan juga akan semakin mudah. Saat ini banyak juga orang yang lulus dengan IPK yang bagus namun kesulitan mendapatkan kerjaan karena tidak mempunyai banyak rekomendasi.

6. Perluas Wawasan

Kamu harus biasa untuk mulai banyak membaca, banyak pelajari segala hal yang berkaitan dengan lingkungan kerja yang kamu inginkan, termasuk jika kamu ingin bekerj diluar negeri tentu kamu harus sering-sering update informasi tentang negara yang kamu inginkan tersebut tentu saja agar kamu bisa dengan mudah menyesuaikan diri degan orang-orang dan budaya yang mereka miliki.

Intinya, tidak ada alasan bagi kita untuk kalah dalam persaingan, maka marilah kita tingkatkan kualitas diri kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Image Source : AK Rockefeller | Flickr

loading...
Share this :
loading...