//6 Hal Yang Harus di Perhatikan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

6 Hal Yang Harus di Perhatikan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Kuliah merupakan fase yang harus di lewati dalam hidup bagi banyak orang yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Perguruan Tinggi. Tentu saja, masa kuliah ini akan menjadi modal awal kita untuk menghadapi dunia kerja, oleh karenanya tentu saja kamu harus memperhatikan sebaik mungkin dalam memilih jurusan kuliah kamu kedepannya.

Banyak justru yang berakhir buruk karena tidak memperhatikan dengan baik jurusan yang dipilihnya, banyak orang yang lulus tanpa keahlian dan menjadi pengangguran. Berikut 6 Hal yang harus di perhatkan dalam memilih jurusan kuliah :

1. Passion

Yang pertama, jika kamu ingin sukses dan bahagia maka kamu pilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu. Hari – hari kuliah kamu akan lebih menyenangkan dan kamu akan menjalaninya dengan setulus hati karena itu adalah passion kamu.

Baca juga : Apa itu passion ?

2. Prospek Kerja

Yang selanjutnya adalah prospek kerja dari jurusan tersebut. Prospek kerjanya harus kamu perhatikan mengenai bagaimana kedepannya saat kamu memasuki dunia kerja akankah bidang tersebut menjadi bidang yang yang masih menarik dan memiliki prospek kerja yang baik di masa yang akan datang.

Jangan hanya melihat dari apa yang sedang hangat saat ini, kamu harus bisa juga membaca arah bidang apa yang akan terjadi dan menjadi primadona di masa depan agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan terbaik.

3. Biaya

Tidak semua jurusan murah, contoh saja jurusan kedokteran yang terkenal membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika kamu ingin masuk ke jurusan tersebut. Bagaimanapun kamu harus mencari jurusan di sebuah Universitas atau perguruan tinggi yang selain cocok dengan keinginan kamu, juga cocok dengan biaya yang dianggarkan oleh keluarga. Ini harus di perhatikan, mengingat banyak yang putus kuliah karena masalah yang satu ini.

4. Nilai SMA

Nilai di SMA kamu juga bisa memperlihatkan bagaimana kamu sesungguhnya. Nilai tersebut menggambarkan apa yang kamuy sukai dan apa yang kamu kuasai. Nilai memang belum tentu benar, terutama karena beberapa faktor eksternal, namun dari nilai kamu bisa dengan mudah menentukan bidang apa yang paling cocok dan paling kamu kuasai.

Kamu juga bisa flashback dan mengingat kembali apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu semasa di SMA dulu, dan menjadi sebuah patokan atau tolak ukur untuk merancang karir kamu di masa depan.

5. Bakat

Selain nilai, mungkin saja kamu memiliki bakat tersembunyi yang belum pernah terekspos namun sebenarnya kamu menyadari hal tersebut. Secara garus besar, bakat berbeda dengan passion. Bakat itu secara garis besar merupakan kemampuan alamiah yang kamu miliki untuk melakukan sesuatu dengan baik, bahkan tanpa memerlukan banyak kerja keras.

Peduli pada bakatmu akan menjadikan hidup kamu terasa lebih mudah. Kamu bisa memiliki masa depan yang cerah dengan berpegang pada bakat dan kemauan untuk menyempurnakan bakart tersebut di salah satu jurusan kuliah yang sesuai.

6. Cita-cita

Setiap manusia seperti kita ini pasti memiliki cita-cita. Bahkan, sedari kecil kita memiliki cita-cita yang lantang kita ucapkan. Kenapa saat ini kita malu dan ragu ? Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Beranilah dan raih apa yang telah kamu benar cita-citakan, karena tidak ada yang tidk mungkin jika kamu memiliki tekad yang kuat.

Kesimpulan : Perhatikan segal faktor, baik itu Internal (dalam dirimu) maupun eksternal (dari luar dirimu) untuk memutuskan apa yang terbaik bagik kamu dan tentu saja orang-orang di sekitarmu. Dan ketika kamu telah memutuskan, yakin dan terus berjuanglah untuk menjadikan semua menjadi lebih baik.

Image Source : Thomas Angermann | Flickr

loading...
Share this :
loading...