//6 Alasan Kenapa Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Hebat

6 Alasan Kenapa Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Hebat

 

Introvert adalah istilah untuk orang yang mempunyai sifat penyendiri, menyukai untuk merenung, dan merasa lebih asyik dengan dunia mereka sendiri daripada terbuka dan bergaul dengan banyak orang. Dan kali ini kita akan bahas bagaimana seorang Introvert yang mempunyai sifat pendiam ternyata bisa juga untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat. Ternyata, banyak tokoh dunia yang mempunyai sifat Introvert tapi bisa memimpin dengan baik dan bahkan menjadi pemimpin yang hebat seperti BIll Gates yang menjadi orang terkaya di dunia, dan juga Warren Buffet yang mempunyai kekayaan tak kalah luar biasa.

Berikut beberapa alasan kenapa seorang Introvert bisa menjadi pemimpin yang hebat, dilansir dari situs Entrepreneur.com :

1. Introvert lebih Bijaksana

Seorang Introvert akan selalu berfikir dengan jernih ketika mengambil keputusan, walupun terkesan agak lama, namun keputusan selalu diambil penuh pertimbangan, dan segala di perhitungkan, sehingga pemimpin Introvert akan lebih hati-hati dan jarang mengambil keputusan salah yang bisa membahayakan dan membuat resiko yang sangat besar.

2. Introvert senang dengarkan

Seorang Introvert lebih senang mendengarkan orang berbicara ketimbang dia yang menceritakan sesuatu. Seorang Introvert cenderung berbicara yang penting-penting dan memang harus dia sampaikan. Kelebihan dari senang mendengarkan ialah seorang Introvert mempunyai banyak wawasan dari setiap perbincangan, dan bisa mengerti sifat-sifat dari orang-orang di sekitarnya dengan sangat baik.

3. Mempunyai sifat tenang / kalem

Tenang disetiap orang lain berbicara, dan ketika dia berbicara suatu hal, orang-orang akan tertuju padanya dan akan ingin mendengarkan apa yang akan dia sampaikan. Sehingga ini juga menjadi faktor yang baik yang bisa menunjang kesuksesan ketika dia memimpin.

4. Mampu menunjukan kerendahan hati

Bukan berarti orang-orang yang ekstrovert tidak mempunyai sifat rendah hati, tapi orang-orang introvert lebih bisa menunjukan sifat kerendahan hatinya baik dengan ucapan maupun perbuatan yang mereka lakukan. Seorang pemimpin yang mempunyai sifat rendah hati akan selalu dicintai dan di hargai oleh setiap bawahannya. Sifat rendah hati ini juga yang membuat seorang Introvert terus belajar dan tidak merasa dia yang paling benar dan paling bisa.

5. Mampu mengelola ketidakpastian

Introvert akan terus bekerja keras, selalu mau bekerja dan sedikit demi sedikit menghilangkan ketidakpastian yang melanda. Visi mereka yang jelas dan matang membuat semua ketidakpastian terlihat bisa dihadapi dan diperbaiki.

6. Nyaman bekerja sendiri

Bukan berarti tidak bisa bekerjasama dalam tim, tapi dengan mampu melakukan sesuatu sendiri dengan sangat baik, menandakan dia bisa memimpin dan memandu orang lain untuk melakukan hal yang sama. Pemimpin introvert cenderung bisa lebih fokus dalam bekerja dan lebih produktif ketika bekerja sendirian.

Image Source : Claudio Toledo | Flickr

loading...
Share this :
loading...