//5 Kampus Tertua di Indonesia

5 Kampus Tertua di Indonesia

Pendidikan adalah penopang bangsa, tidak bisa di pungkiri bahwa maju-nya suatu bangsa di dukung oleh instansi-instansi pendidikannya. Indonesia mempunyai beberapa kampus yang menjadi pionir pembangunan di sektor pendidikan sejak masa dulu. Inilah 5 kampus tertua di Indonesia :

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus  ini didirikan pertama kali pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI), kemudian berkembangdan berubah menjadi Universitas Islam Indonesia (UII). Kampus yang berlokasi di Jogjakarta ini sekarang menyandang predikat PTS terbaik ke-2 secara nasional.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor sebenarnya baru di resmikan oleh pemerintah pada tanggal 1 September 1963,namun secara historis kampus ini telah berdidi sejak awal abad 20 sebelum perang dunia II. Saat ini IPB menjadi Perguruan Tinggi terbaik yang berfokus di sektor pertanian.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) dahulunya bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng dan berdiri tanggal 3 Juli 1920. ITB merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno, meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil. Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi di Kota Bandung pada tanggal 2 Maret 1959.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR) terletak di kota pahlawan, Surabaya. Kampus yang dibentuk pada masa kolonianl belanda ini dahulu bernama NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School). Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tahun 1954 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang kesembilan

1. Universitas Indonesia (UI)

UI dahulu merupakan sebuah kampus Kedokteran bentukan pemerintah Hindia Belanda untuk membantu kebutuhan medis pada masa itu. Pada tahun 1924 pemerintah kolonial mendirikan RHS (Rechtshoogeschool te Batavia – Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta) yang bertujuan untuk memenuhi tenaga administrasi sipil rendahan. RHS inilah yang menjadi cikal-bakal Fakultas Hukum UI.

UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

 

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : M.Sani | Flickr

loading...
Share this :
loading...