//5 Hal Ini Sering Jadi Penyebab Kenapa Kamu Gagal dalam Test / Ujian !

5 Hal Ini Sering Jadi Penyebab Kenapa Kamu Gagal dalam Test / Ujian !

Pertama-tama, saya ingin menjelaskan batasan makna untuk kata Test ini sendiri yang berarti sebuah ujian/tahapan yang harus kita lakukan agar kita bisa berhasil lolos dan mendapatkan apa yang kita inginkan.

Kalau digambarkan misalnya adalah Test masuk Universitas, Test Wawancara kerja, Test masuk Polisi, Test masuk Tentara, dan lain sebagainya, begitu banyak jenis test yang ada di dunia ini ya.

Tentu, kamu, saya, dan kita semua mengharapkan hasil terbaik yakni lulus dari segala tahapan test, ya betul kan ? Et et ett.. tapi..tentu saja tidak semudah itu. Kebanyakan dari kita justru gagal dalam test, lho kok bisa kak ? Ya tentu saja bisa banget, karena 6 hal berikut inilah yang sering mengakibatkan kamu seringkali gagal test :

1. Persiapan

Apa jadinya jika kamu ingin lulus test, tapi kamu tidak mau bekerja, tidak mau mempersiapkan segalanya dengan matang ? ya gagal yang pasti. Persiapan adalah yang utama, bahkan saya juga pernah mendengar sebuah pepatah yang entah dari siapa, tapi perasaan ini kata-katanya orang terkenal : “Jika aku diberi waktu satu hari (24 jam) untuk menebang sebuah pohon, maka waktu 23 jam akan kugunakan untuk mengasah kapaknya”.

Lupakan kuotes diatas, intinya kalau persiapan kita bagus, segalanya akan begitu mudah. Berilah contoh, kamu akan UN, SBMPTN dan Ujian masuk kampus lainnya contohnya, tentu kamu harus belajar bukan, kamu harus mencari apa saja materi yang akan diujikan, apa saja yang harus kamu siapkan agar kamu bisa melewati ujian tersebut.

2. Kriteria

Ketika akan menghadapi sebuah ujian atau tes, yang paling utama salah satunya adalah dengan mengetahui kriteria seperti apa yang bisa lulus dari test tersebut. Misalkan, ada sebuah ujian masuk kepolisian atau tentara, kriterianya adalah tinggi badan, kamu tahu kamu tidak sesuai tinggi badannya tapi tetap memasakkan dengan alasan siapa tau beruntung, nah itu salah banget. Pelajari dulu seperti apa kriterianya, apakah kamu cocok dan akan bisa, apakah kriteria tersebut bisa kamu penuhi dan atau setidaknya jika masih ada waktu ke jadwal tes kamu usahakan kamu bisa memenuhinya ?

3. Mental

Mental inilah sangat-sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang, terutama saat-saat dimana dilaksanakan ujian tersebut. Kunci dari mental yang kuat adalah kegigihan dan rasa pantang menyerah, banyak mungkin diantara kita yang pernah merasa seperti ini :”ah, susah nih, pasti gak lulus!” jangan, harusnya :”wah susah nih, tapi aku harus bisa!” nah itu, berlatihlah dengan keras dan ketika menghadapi sebuah tes, jangan pernah menyerah dan berikan yang terbaik. Karena mental ini sangat berpengaruh sekali terhadap keberhasilan ataupun kegagalan setiap orang.

4. Do’a

Salah satunya hal yang bisa menguatkan mental kamu adalah Do’a. Do’a yang kuat bisa sangat membantu kamu untuk memiliki mental tangguh yang secara tidak sadar membuat kamu mudah mengahadapi suatu ujian/test.

Berdo’alah selalu baik itu sebelum hari-hari ujian, saat sebelum ujian, dan saat setelah ujian. Kalau aku sih percaya banget, dengan do’a Tuhan akan memberikan hasil yang terbaik bagi kita, apapun itu.

5. Banyak yang lebih baik dari kamu !

Nah, kalau yang terakhir ini jika setelah ada pengumuman test masuk misalnya, terutama test dengan jumlah peserta banyak sementara yang diterima hanyalah sedikit. Dan jika kamu diumumkan gagal atau tidak diterima janganlah berkecil hati.

Kamu lebih baik menerima dan benahi diri, apa yang kurang dari kamu ? Karena kamu harus sadar juga bahwa diluar sana, orang yang berkompetisi dengan kamu berarti banyak lebih siap, yang memiliki mental lebih baik, yang lebih sesuai kriteria, yang do’anya lebih banyak, ya pasti banyak. So, yang harus kamu lakukan adalah tetap semangat, perbaiki diri dan jangan menyerah !

loading...
Share this :
loading...