//4 Karakter Manusia Secara Psikologis, Kamu Termasuk Tipe Yang Mana ?

4 Karakter Manusia Secara Psikologis, Kamu Termasuk Tipe Yang Mana ?

Manusia di dunia ini yang jumlahnya milyaran dan setiap orangnya mempunyai otak yang berbeda-beda, ternyata secara psikologis terbagi ke dalam 4 golongan besar yakni tipe Melankolis, Sanguinis, Koleris dan Plegmatis. Teori psikologi ini ternyata telah di cetuskan sejak berabad-abad yang lalu oleh seorang filsuf Romawi bernama galen. Nah, untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri dari masing-masing tipe tersebut, berikut ulasannya :

1. Melankolis

Rasanya kamu sering mendengar kata-kata melankolis ya ? Ya, ada soalnya musik melankolis, dan kebanyakan orang tipe melankolis memang akan cenderung menyukai musik-musik melankolis. Namun, belum tentu juga ya orang yang suka musik melankolis merupakan tipe orang melankolis dari segi psikologi.

Nah, jadi secara garis besar orang yang mempunyai tipe dan karakter melankolis ini merupakan orang yang : Senang menyendiri, menyukai kedamaian dan kenyamanan. Orang melankolis ini merupakan orang yang senang berfikir, mempunyai otak cerdas, dan biasanya menghayati setiap peristiwa yang ia jumpai. Sifat mereka cenderung hati-hati dalam mengambil keputusan dan kurang bisa menghadapi tekanan.

Kelebihan : Pintar dari segi akademis, mempunyai empati yang tinggi, menyukai humor, kreatifitas tinggi.

Kekurangan : Sering Pesimis, Mudah Risau, Agak Pemalas, dan Mengorbankan diri sendiri untuk orang lain secara berlebihan.

2. Sanguinis

Orang dengan tipe ini lumayan berbeda dengan tipe sebelumnya. Orang yang termasuk kedalam golongan sanguinis ini cenderung suka bersenang-senang, suka mencari perhatian dan agak narsis (terobsesi untuk populer), suka berbicara, memiliki style yang keren dan lumayan hedonis. Berbeda dengan orang melankolis yang senang menyendiri, orang sanguinis ini membenci situasi kesendirian dan kesunyian.

Kelebihan : Supel sehingga mudah bergaul dengan siapa saja, Percaya diri, Energik, Penampilan yang keren, dan selalu optimis.

Kekurangan : Kurang dalam hal akademik, boros, kurang memperhatikan orang disekitarnya.

3. Koleris

Orang dengan tipe Koleris ini memiliki sifat dan kepribadian yang kuat, suka memimpin, dan disiplin. Selain itu mereka biasanya memiliki obsesi yang tinggi dalam hal bekerja dan mengejar prestasi. Mereka selalu tegas terhadap apa yang telah ditetapkan dan suka memerintah sehingga banyak juga orang yang tidak menyukainya. Mereka bisa menghadapi tekanan, dan cepat dalam hal mengambil keputusan.

Kelebihan : Disiplin, Berjiwa Pemimpin, Kuat menghadapi tekanan, Produktif dalam bekerja.

Kekurangan : Angkuh, Keras kepala, Suka memerintah, Egois, dan kurang peka terhadap orang lain.

4. Plegmatis

Yang terkahir adalah orang yang bertipe plegmatis, yakni mempunyai sifat yang menyenangi kedamaian,sederhana, senang menyendiri, tidak suka memimpin, dan menjalani hidup apa adanya dan mengalir saja seperti air. Orang-orang plegmatis juga cenderung kurang mempunyai obsesi dan sedikit pemalas dan lamban.

Kelebihan : Penyabar, Pendamai orang-orang yang bertengkar, Jarang Stress, Hidupnya selalu aman.

Kekurangan : Tidak memiliki motivasi yang besar, pemalu, lamban, kurang displin dan pendiam.

 

Itulah beberapa tipe dan karakter psikologis manusia, jadi kamu masuk kategori yang mana nih gaiss 😀 ?

Image Source : Bert Aguirre | Flickr

loading...
Share this :
loading...