//20 Hal Yang Harus Kamu Sadari Ketika Menginjak Usia 20an

20 Hal Yang Harus Kamu Sadari Ketika Menginjak Usia 20an

Waktu terus berlalu, dan hingga kamu menyadari bahwa kamu telah beranjak dewasa. Banyak hal yang harus kita sadari ketika kita telah memasuki usia 20an. Sebentar lagi kita akan menjadi manusia seutuhnya, menjadi pribadi yang lebih dewasa dan berguna.

Masa-masa muda memang begitu indah, tapi ketika usia kamu telah memasuki 20an, sudah saatnya kita belajar untuk menjadi lebih dewasa lagi. Ada 20 hal yang harus kita sadari ketika usia kita menginjak 20an :

1. Hidupmu telah di mulai. Memang kamu telah menjadi manusia sejak lahir, tapi inilah saatnya kamu menjadi manusia sejati yang mandiri dan tidak bergantung lagi dengan orang tua. Inilah hidupmu, hidup yang harus kamu jalani, pilihan yang harus kamu pilih sendiri.

2. Teman online adalah teman palsu. Memang kamu mungkin lebih banyak mempunyai teman di media sosial, tapi itu bukanlah teman yang sebenarnya, kamu sering update status, tapi yang mereka lakukan hanya menglike saja. Sudah saatnya kamu keluar dan berteman di dunia nyata. Pertemanan yang nyata akan kamu kenang sepanjang hidupmu.

3. Jika kamu jatuh cinta, bersiaplah untuk sakit hati. Hidup tanpa cinta memang hampa, tapi ketika kamu jatuh cinta, bersiap jugalah menanggung konsekuensinya, karena tidak semua kisah cinta berjalan mulus. Jatuh cinta dan sakit hati karenanya adalah hal biasa, janganlah terlalu terlarut karenanya.

4. Lulus sekolah bukan berarti berhenti belajar. Ketika kamu telah lulus sekolah, lulus kuliah, dan menjoba bekerja, maka bukan berarti kamu berhenti untuk belajar. Pelajaran paling berarti akan kamu lewati setiap harinya.

5. Keluarga merupakan orang-orang terpenting dalam hidupmu. Kamu harus segera menyadari bahwa anggota keluarga adalah orang-orang yang harus kamu sayangi dan menjadi salah satu proritas dalam hidupmu.

6. Berusahalah menerima kekuranganmu. Ketika kamu menerimanya, kamu tidak akan terus menyalahkan dirimu, yang ada kamu akan terus belajar dan lebih fokus pada setiap kelebihanmu. Selalu percaya bahwa kelebihanmu jauh lebih banya daripada kekuranganmu.

7. Segalanya butuh proses. Bersabarlah dan jangn mudah menyerah, segala hal yang kamu inginkan, segala perjuanganmu tidak akan begitu saja berhasil, butuh waktu dan proses pembelajaran terus menerus.

8. Keluarlah dari zona nyaman. Kamu tidak akan mendapatkan hasil yang berbeda jika setiap hari kamu melakukan hal yang sama. Keluarlah dan tinggalkan zona nyaman, lakukan apa yang ingin kamu lakukan, singkirkan rasa takutmu.

9. Bergaulah dengan orang-orang yang baik. Sudah saatnya kamu menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mempunyai teman-teman yang baik, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik. Tinggalkanlah teman-teman yang hanya akan merusak hidupmu dengan pergaulan negatifnya.

10. Hidup ini tidak adil. Kamu harus kuat dengan segala ketidak adilan, namun bukan berarti kamu menjadi orang jahat ketika ada orang yang tidak adil padamu.

11. Keberuntungan hanya datang pada mereka yang bekerja keras. Ingatlah, jangan terlalu berharap pada keberuntungan, keberhasilan hanya akan kamu dapati ketika kamu bekerja keras. Keberuntungan adalah ketika kesempatan datang kepada orang yang siap, so persiapkanlah dirimu sebaik mungkin.

12. Tidak ada waktu yang pas untuk memulai sesuatu. Janganlah kamu menunda sesuatu dan menunggu waktu yang pas, karena waktu yang pas itu adalah sekarang, menunggu waktu yang pas hanya akan menumpuk kemalasanmu.

13. Kamu tidak bisa ada dimana saja dan mempunyai segalanya. Hidup adalah pilihan, berfokuslah pada satu tujuan terbesarmu, tentukan pilihan itu, maka kamu akan mendapatkan yang terbaik.

14. Hargai setiap orang dalam hidupmu. Kamu telah dewasa, dan saatnya kamu lebih menghargai orang lain, mereka juga sama manusia seperti kita. Dengan menghargai orang lain, berarti kamu telah menghargai diri kamu sendiri.

15. Pengalaman adalah hal terbaik. Saat ini sukses bukanlah diukur dengan memiliki rumah mewah dan mobil mercy lagi, tapi ketika kamu mendapatkan penglaman berharga, memori indah, pengetahuan, dan kebahagiaan itulah kesuksesan yang harus kamu kejar dalam hidup ini. Karena harta akan mengikuti setelahnya.

16. Jangan pernah menunda sesuatu. Jika kamu mempunyai suatu hal yang harus kamu kerjakan, maka jangan pernah menunda-nunda. Karena waktu tidak akan pernah bisa diulang, menunda hanya akan menumpuk pekerjaan dan semakin membuat kamu malas.

17. Sukses butuh pengorbanan. Jangan pernah menyerah, banyak yang akan kamu korbankan untuk meraih mimpimu, tapi mimpimu haruslah tetap tegak dan terus kamu perjuangkan.

18. Jagalah kesehatanmu. Kamu harus lebih memperhatikan kesehatanmu, apalah artinya kesuksesan uang yang kamu dapat, jika kamu menjalani hidup yang sakit-sakitan. Berolahragalah setiap hari dan hindari hal-hal yang bisa memperburuk kesehatanmu.

19. Kegagalan adalah tangga keberhasilan. Ketika gagal, jangan kamu ratapi, itu bukanlah berarti kamu jatuh. Gagal berarti kamu telah melakukan sesuatu, dan kamu telah manaiki satu anak tangga untuk kesuksesanmu, kamu telah belajar dari kegagalan itu.

20. Tak seorangpun yang akan membantumu. Mungkin orang tua, keluarga, sahabat memang bisa membantu, tetapi segalanya bergantung pada diri kamu sendiri, sudah saatnya kamu mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Hanya kamulah yang bisa menolong dirimu sendiri.

 

(Sumber ; Quora )

Image Source : Lisa Parker | Flickr

loading...
Share this :
loading...