//10 Negara Terluas di Dunia

10 Negara Terluas di Dunia

Dunia ini dipenuhi oleh suku-suku bangsa-bangsa, selama berabad-abad mereka berevolosi menjadi negara-negara. Rusia merupakan negara paling luas di dunia saat ini. Lalu, Negara mana sajakah yang mempunyai wilayah terluas di dunia ini ?

Berikut kami mengulas, 10 Negara terluas di dunia versi Geohive :

10. Aljazair

Negara yang berada di kawasan Afrika Utara ini mempunyai luas wilayah sebesar 2.381.740 km² ini menjadikan Aljazair sebagai negara paling luas ke 10 di dunia. Ibu kota Aljazair adalah Aljir. Jumlah penduduk Aljazair mencapai 37 juta jiwa. Aljazair merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-34 di dunia.

Aljazair merupakan negara terluas di benua hitam, Afrika. Wilayah Aljazair pernah menjadi rumah bagi kebudayaan-kebudayaan kuno masa lampau, seperti Ateria serta Kapsia.

9. Kazakhstan

Negara yang merupakan pecahan dari Uni Soviet ini mempunyai luas wilayah sebesar 2.727.300 km². Negara yang beribukota Astana ini dihuni oleh Etnik Kazakh, yang merupakan penduduk mayoritas di negara ini. Kazakhstan sering disebut sebagai Virgin Lands, karena banyaknya wilayah dinegara ini yang belum tersentuh sama sekali oleh manusia.

8. Argentina

Argentina yang merupakan negara Amerika latin terluas ke-2 ini mempunyai luas wilayah 2.766.890 km². Ibu kota Argentina, Buenos Aires merupakan salah satu kota Metropolitan terbesar di dunia. Jumlah penduduk di Argentina diperkirakan saat ini mencapai 43 juta orang.

7. India

India, negara yang merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 Milyar, menjadikannya hanya kalah oleh China. India mempunyai luas wilayah sebesar 3.287.590 km². Letak India yang berada di garis pantai samudera Hindia, menjadikannya negara terpenting perdagangan di masa lalu. Dan Sekarang pun, negara ini menjadi negara ekonomi terbesar ke-4 di dunia.

6. Australia

Negara yang menjadi pemilik benua paling muda di dunia ini mempunyai luas 7.686.850 km². Penduduk mayoritas di benua kecil ini adalh Imigran Eropa, penduduk asli Australia merupakan suku Aborigin, yang justru menjadi minoritas saat ini. Perkiraan penduduk Australia di 2016 ini sebanyak 24 juta orang.

5. Brasil

Negara Amerika Latin paling besar ini mempunyai luas wilayah 8.511.965 km². Brazil mempunyai hutan dan sungai terluas di dunia yaitu Amazon. Jumlah penduduk Brazil di 2014 diperkirakan mencapai 205 juta jiwa. Negara yang merupakan bekas kolonial Portugis ini, juga menerapkan bahasa Portugis sebagai bahasa resminya.

4. China

Negara yang dulu disebut negara Tirai Bambu ini telah berevolusi menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Luas wilayah China yang besar, serta jumlah penduduk yang paling banyak di dunia ini menjadikannya sebagai negara besar. Luas wilayah China yaitu 9.596.960 km². Negara ini juga mempunyai sejarah bangsa yang sangat panjang.

3. Amerika Serikat

Negara yang disebut-sebut sebagai negara adidaya ini menjadi negara terluas ke-tiga di dunia, dengan luas wilayah 9.629.091 km². Negara ini mempunyai daerah luas di kutub utara, yang bernama Alaska. Jumlah penduduk di Amerika-pun cukup banyaik, yaitu menjadi negara terbanyak ke tiga dengan penduduk terbanyak di dunia, yakni sekitar 320 Juta jiwa.

2. Kanada

Salah satu negara di Amerika Utara ini mempunyai luas wilayah 9.976.140 km², dan menjadi negara terluas ke-2 di dunia. Negara ini merupakan salah satu negara bekas jajahan Kerajaan Britania Raya, dan saat ini telah menjadi negara maju yang diperhitungkan di dunia. Dengan jumlah penduduk sebanyak 35 juta jiwa, kanada menjadi sal;ah satu tempat tinggal paling nyaman dan makmur di dunia.

1. Rusia

Rusia menjadi negara paling luas di dunia, dengan luas wilayah sebesar 17.075.200 km². Negara yang dahulunya merupakan Uni Soviet ini mempunyai penduduk sebanyak 147 juta. Bangsa Rusia merupakan bangsa mayoritas. Ibukota Rusia adalah Moskow. Negara ini terletak dekat dengan kutub utara, menjadikannya tempat paling dingin yang dihuni banyak manusia.

Itulah 10 Negara Terluas di Dunia versi GeoHive, semoga bermanfaat.

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Silvia Delgado | Flickr

loading...
Share this :
loading...