//10 Negara Favorit Untuk Kuliah

10 Negara Favorit Untuk Kuliah

Saat ini banyak sekali mahasiswa kita yang melakukan studi kuliah di luar negeri, tentunya karena diluar negri sana pendidikan serta fasilitas yang didapat lebih baik daripada jika mereka kuliah di dalam negeri.

Kuliah di luar negri semakin mudah seiring dengan semakin banyak dan beragam-nya beasiswa yang di tawarkan, selain itu juga semakin banyak warga kita yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup untuk menyekolahkan anaknya di luar negeri.

Lalu negara mana saja-kah yang menjadi favorit untuk kuliah mahasiswa kita, berikut ini daftar 10 Negara favorit mahasiswa Indonesia untuk kuliah :

10. New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru adalah negara yang terhitung dekat dan lumayan bertetangga dengan kita, tepatnya di sebelah selatan Indonesia. Banyak saat ini mahasiswa kita yang kuliah di Selandia Baru, salah satu-nya adalah faktor banyak-nya beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Selandia Baru untuk warga negara Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Sebenarnya di selandia hanya ada 8 buah Universitas, namun kualitas dari Universitas-universitas di sana sangat baik, riset dan teknologi mereka diakui. Salah satu prestasi dari mahasiswa Selandia Baru adalah dengan menjuarai lomba robotics NASA.

9. India

Sekarang India mutu pendidikan-nya semakin ditingkatkan, dan semakin banyak-nya Universitas yang berstandar Internasional di negara ini. India mempunyai daya tarik tersendiri untuk mahasiswa kita melakukan studi di negara ini.

Kuliah ke negara ini semakin mudah dengan semaikn banyak-nya kegiatan pertukaran pelajar maupun beasiswa antara pemerintah kita dengan pemerintah India.

8. Jepang

Jepang masih menjadi favorit untuk mahasiswa Indonesia melakukan studi di negara ini, walaupun tren beasiswa ke jepang ini sedikit menurun dari tahun sebelumnya.

Jepang menjadi favorit karena sangat baik-nya kualitas Universitas disana terutama di bidang  ilmu sains, teknik, dan bioteknologi. Sebenarnya biaya hidup di negara ini memang cukup mahal, sehingga kebanyakan mahasiswa kita yang kuliah disana menggunakan beasiswa baik pemerintah ataupun swasta.

7. Ingggris

Inggris merupakan negara dengan sejarah pendidikan yang sangat panjang dan tentunya merupakan tempat dari universitas-universitas terbaik di dunia. Biaya hidup yang tinggi tidak menjadi halangan  banyak-nya mahasiswa Indonesia yang kuliah di negeri Ratu Elizabeth ini.

Sebenarnya beasiswa untuk kuliah di negara ini sekarang tidak terlalu banyak sesuai dengan ketentuan pemerintah mereka, terutama setelah krisis tahun 2008.

6. Tiongkok

Negri Tirai Bambu semakin manampilkan eksistensi-nya dengan pembangunan besar-besaran selama beberapa tahun belakangan ini, salah satu pembangunannya adalah di bidang pendidikan,. Fasilitas sarana dan prasarana Universitas di negeri ini sangat bagus dan mulai bisa disejajarkan dengan apa yang dimiliki negara-negara maju.

Saat ini Tren kuliah di negara ini sedang berkembang dengan semakin baiknya kerja-sama anatara kedua pemerintah. Selain itu biaya hidup di negara ini sebenarnya tidak terlalu mahal bahakan bisa dibilang hampir sama dengan di negara kita.

5. Mesir

Mesir adalah negara yang setiap tahun-nya pasti di datangi mahasiswa-mahasiswa baru asal Indoneisa, ribuan mahasiswa kita belajar di negara mesir ini baik dengan beasiswa ataupun bukan. Tapi kebanyakan mahasiswa yang kuliah di negara ini karena beasiswa, baik pemerintah maupoun lembaga-lembaga lainnya.

Universitas Al-Azhar adalah Universitas yang paling banyak menerima mahasiswa asal Indonesia di Mesir.

4. Malaysia

Negri Jiran Malaysia bukan hanya menjdai favorit para TKI, tetapi juga bagi ribuan mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di negara ini.

Banyak alasan yang menjadikan negara ini menjadi favorit orang Indonesia, salah satu-nya adalah karena Malaysia berjarak sangat dekat dengan Indonesia dan juga biaya hidup dan perkuliahan yang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

3. Australia

Dari tahun ke-tahun semakin banyak mahasiswa asal Indonesia yang melakukan studi di negri kangguru ini. Banyak-nya tawaran beasiswa dan peraturan yang memudahkan mahasiswa kita untuk kuliah di Australia.

Sebenarnya kuliah di negri Kangguru ini membutuhkan banyak sekali biaya karena biaya hidup yang cukup tinggi, namun banyak juga kesempatan kerja part time di negara ini sehingga banyak mahasiswa kita yang mampu menghidupi dan membiayai sendiri kualiahnya di Australia.

2. Singapura

Di posisi dua ada negara Singapura, negara kecil yang merupakan tetangga dekat Indonesia ini sebenarnya hanya memiliki 2 Universitas Negri yaitu, National University of Singapore dan Nanyang Technological University.

Jarak yang sangat dekat dengan singapura adalah alasan utama memilih negara ini selain juga kualitas universitas di singapura yang diatas rata-rata universitas di Asia Tenggara lainnya.

1. Amerika Serikat

Dan yang berada di posisi pertama adalah Negara Paman Sam. Amerika Serikat Setiap tahunnya kedatangan mahasiswa hampir dari seluruh negara di dunia ini juga menjadi negara paling menarik untuk mahasiswa asal Indonesia.

Amerika Serikat bisa disebut sebagai pusat perkembangan jaman saat ini, dari mulai sains, teknologi bahkan budaya. Universitas-universitas di Amerika merupakan kampus-kampus terbaik di dunia.

 

Itulah daftar 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia yang kuliah di Luar negeri. Mudah-mudahan bermanfaat 🙂

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Wally Gobetz | Flickr

loading...
Share this :
loading...