//Setelah Wisuda, Apa Selanjutnya ?

Setelah Wisuda, Apa Selanjutnya ?

Yuhu, hidup tidak berhenti di panggung Wisudaan, ada yang terbentang sebagai takdir kamu yang harus kamu lewati. Ya, rata-rata para fresh graduate yang lulus kuliah akan segera mencari pekerjaan pertama mereka, apa kamu siap seperti mereka ? Apa sebenarnya yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah ? Cobalah dulu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut !

Apa yang kamu inginkan ?

Ya, apa yang kamu inginkan ? Apa tujuan hidup kamu dan apa yang harus kamu lakukan untuk meraihnya ? Dengan bekerja kah, atau membuka usaha sendiri, atau bahkan mungkin traveling ke seluruh dunia ? ya, kamu pasti mempunyai angan-angan, jangan takut, selama itu positif dan baik untuk kamu, kamu bisa merencanakannya dari sekarang !

Apa kamu punya pengalaman ?

Terutama jika kamu ingin bekerja, tentu yang pertama di tanyakan adalah apakah kamu mempunyai pengalam dalam bidang yang akan kamu geluti ? Kegiatan seperi magang, part time job, atau bahkan fulltime job di tempat sebelumnya akan menjadi sebuah pertimbangan sendiri bagi perusahaan yang ingin merekrutmu.

Sejauh mana kamu mengenal bidang yang kamu pilih ?

Kamu tentu perlu benar-benar mengenal bidang yang kamu pilih. Akan mudah jika bidang yang kamu pilih sesuai dengan jurusan kuliah kamu, dan jika berbeda tentu kamu membutuhkan banyak waktu untuk lebih mengenal dan mempelajarinya lagi. Rencanakan dari sekarang, jika ingin bekerja maka kamu harus benar-benar mengenal bidang yang kamu pilih.

Apakah kamu memiliki resume yang baik tentang diri kamu ?

Ketika kamu ingin bekerja, kamu tidak cukup mengandalkan nilai mata kuliah, kamu butuh resume yang baik dan surat lamaran yang baik pula yang bisa memasarkan dan menjual diri kamu di mata calon perusahaan. Ingatlah, yang ingin melamar kerja bukan hanya kamu.

Bisakah kamu mempertanggungjawabkan apa yang tertulis di resume kamu ?

Interview merupakan yang penting, setelah lulus, sebelum sebuah perusahaan memilih kamu, biasanya ada wawancara atau interview, dan itu sangat penting. Sejauh manakah kamu bisa meyakinkan dan mempertanggungjawabkan resume yang kamu buat ?

Apakah kamu telah mempersiapkan seberapa keras dan anehnya dunia yang sesungguhnya ?

Dunia kuliah berbeda dengan dunia kerja, dan kamu harus siap akan hal tersebut. Tanggung jawab kamu tentu tidak akan sekecil dulu yang bisa saja mengerjakan PR asal-asalan, yang bisa saja ujian asal-asalan. Di dunia yang sesungguhnya kamu tidak bisa lagi berleha-leha dan kamu harus siap akan hal tersebut.

Graduation Day – Image By Alan Light | Flickr.com

 

 

loading...
Share this :