//Seleksi Masuk Bersama Instansi Pendidikan Kementrian Pariwisata Resmi di Buka

Seleksi Masuk Bersama Instansi Pendidikan Kementrian Pariwisata Resmi di Buka

Pemerintah telah mencanangkan target 20 Juta Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Negeri kita tercinta ini pada akhir masa jabatan pemerintahan kabinet Kerja Jokowi-JK. Oleh karena itu salah satu sektor yang serius di tingkatkan kualitasnya adalah di sektor Pariwisata.

Dengan semakin dekatnya pintu MEA dan persaingan yang tidak bisa dihindarkan, SDM negara ini yang paling siap salah satu-nya adalah di sektor Pariwisata. Pemerintah terutama Kementrian Pariwisata melakukan terobosan terbaru di tahun 2016 ini untuk kembali meningkatkan kualitas dari SDM di bidang Pariwisata. Yakni dengan membuka sistem baru yaitu Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Akademi & Politeknik Pariwisata (SBM-STAPP) yang berada di bawah Kementrian Pariwisata.

Senin 15 februari 2016 sistem ini resmi di buka dengan di adakannya soft launching Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi, Akademi, dan Politeknik Pariwisata (SBM-STAPP) 2016 di Kampus STP Bandung.

SBM-STAPP ini merupakan seleksi bersama dan saling terintegrasi bagi pendaftar instansi pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Pariwisata. Calon pendaftar bisa langsung masuk ke halaman website http://sbmstapp.kemenpar.go.id untuk melakukan registrasi.

Tentu saja dengan dibuka-nya sistem seleksi terbaru ini, diharapkan dapat menjaring kualitas-kualitas terbaik yang akan mengisi SDM Pariwisata negara ini di masa yang akan datang.

SBM-STAPP ini akan mempermudah bagi para pendaftar, karena proses pendaftaran-nya yang bersifat Nasional dan terintegrasi, sehingga pendaftar jika lokasi-nya jauh dari Instansi tujuan, bisa melakukan pelaksanaan seleksi di salah-satu kampus pariwisata terdekat.

Daftar Instansi Pendidikan atau Kampus Pariwisata yang melakukan seleksi bersama ini ialah :

  1. STP Bandung
  2. STP Nusa Dua
  3. Akpar Medan
  4. Politeknik Pariwisata Makassar

Sebagai contoh, jika tahun sebelumnnya pendaftar yang berasal dari NTT dan ingin mendaftar ke STP Bandung maka, mau tidak mau harus melakukan seleksi mandiri di Kampus-nya di Bandung. Sekarang pendaftar tidak harus jauh-jauh dari NTT ke Bandung, cukup ke kampus terdekat, yaitu STP Nusa Dua, Bali misalnya.

Walaupun memang tidak se-merata SBMPTN, namun SBM-STAPP cukup mempermudah calon pendaftar yang mempunyai 4 kota alternatif, yaitu Bandung, Bali, Medan dan Makassar.

Bahkan untuk pembayaran biaya pendaftaran-pun menjadi lebih mudah lagi, SBM-STAPP ini menerapkan cara pembayaran yang sangat mudah karena utnuk pembayaran formulir bisa di lakukan di seluruh Bank/ATM bahkan Indomaret dan Alfamart.

Selain seleksi bersama ini, masing-masing kampus masih tetap melaksanakan seleksi mandiri dimana jumlah kuota penerimaannya adalah 25 %, sementara untuk seleksi bersama 75 %. Sehingga seleksi Mandiri dan Seleksi Bersama SBM-STAPP ini merupakan dua jenis seleksi yang berbeda, namun bagi pendaftar di perbolehkan mendaftar di dua jenis seleksi tersebut.

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : Puzzle Inc. Design | Flickr

Share this :