//Prospek Kerja Jurusan Kewirausahaan

Prospek Kerja Jurusan Kewirausahaan

Tren wirausaha saat ini memang sedang naik. Semakin banyak pula anak muda yang terjun langsung menjadi seorang wirausahawan setelah menuntaskan masa kuliahnya. Walaupun begitu, sebenarnya presentase jumlah wirausahawan di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh negara-negara maju. Sehingga bisa disimpulkan jika prospek kerja jurusan Kewirausahaan ini memang sangat baik.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa Kewirausahaan akan mempelajari ruang lingkup usaha dan belajar membuat usaha sendiri di mulai dari yang kecil-kecilan. Beberapa mata kuliah di jurusan Kewirausahaan ini diantaranya seperti :  Perencanaan Bisnis, Model Bisnis, Penanganan Resiko, Investasi dan Pendanaan, Pengembangan Bisnis dan lain sebagainya.

Berikut langsung saja kita bahas beberapa prospek kerja dari lulusan Kewirausahaan :

1. Wirausahawan

Prospek kerja yang pertama ya tentunya menjadi seorang wirausahawan. Lulusan dari jurusan kewirausahaan ini tentu disiapkan untuk menjdai seorang wirausahawan dan siap menjalankan bisnis sendiri sejak dari lulus kuliah.

Apalagi kita bisa lihat fakta-fakta saat ini dimana anak muda Indonesia banyak yang sukses dan berhasil mengembangkan bisnisnya sendiri. Dengan menjadi seorang wirausahawan tentu saja kamu juga akan berjasa dalam hal memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

2. Perusahaan Swasta/ BUMN

Selain menjadi seorang wirausahawan, lulusan Kewirausahaan secar umum juga bisa bekerja diberbagai perusahaan / bidang bisnis seperti perusahaan keuangan, jasa ataupun industri manufaktur. Di perusahaan seorang lulusan Kewirausahaan bisa bekerja di berbagai bagian seperti Marketing, Manajemen, HR, ataupun Finance.

3. Tenaga Pengajar

Menjadi tenaga pengajar di sekolah atau bahkan mnjadi seorang dosen kewirausahaan di Universitas pun bisa dilakukan juga. Apalagi, kurikulum pendidikan sekarang di setiap Universitas harus ada mata kuliah kewirausahaan.

4. Lembaga Pemerintahan 

Bahkan jika ingin menjadi pegawai pemerintahanpun kamu mempunyai kesempatan untuk bekerja dibeberapa lembaga pemerintahan yang relevan seperti Kemenperin, dan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Image Source : Brad Montgomery

loading...
Share this :