//Pemkot Balikpapan Menyediakan Beasiswa Untuk Mahasiswa S1, S2, S3 dan Diploma

Pemkot Balikpapan Menyediakan Beasiswa Untuk Mahasiswa S1, S2, S3 dan Diploma

Pemerintah Kota Balikpapan membuka pendaftaran beasiswa stimulant pada tanggal 14 Agustus. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dan kemudian penyeleksian administrasi. Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa S1, S2, S3 serta mahasiswa diploma 3. Adapun jumlah yang akan diberikan sebagaimana yang dijelaskan Kasubbag Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Balikpapan adalah sebagai berikut: untuk D3 sebesar 2,1 juta rupiah, untuk S1 sebesar 2,3 juta rupiah, untuk S2 sebesar 7,5 juta rupiah, dan untuk S3 sebesar 12,5 juta rupiah.

 

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar beasiswa tersebut terdiri dari:

  1. Merupakan warga Kota Balikpapan, dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) Kota Balikpapan
  2. Memiliki indeks prestasi KHS semester ganjil terakhir (tahun ajaran 2016/2017)
  3. IPK perguruan tinggi negeri minimal 2,75
  4. IPK perguruan tinggi swasta minimal 3,00
  5. IPK Pendidikan Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi minimal 2,50
  6. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan fotocopy nilai kartu hasil studi (KHS) semester ganji tahun ajaran 2016/2017 dan fotocopy KTP Balikpapan
  7. Program beasiswa ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang kuliahnya dibiayai oleh pemerintah dan yang saat ini menempuh studi di luar negeri.

 

Pendaftaran dapat dilakukan secara online mulai tanggal 14 Agustus – 8 September 2017 pada link: http://beasiswa.balikpapan.go.id/beasiswa Isi formulir dengan lengkap beserta data-data yang diminta serta unggah fotocopy KHS dan KTP. Setelah registrasi pelamar dapat mengunduh dan mencetak bukti registrasi dan jangan lupa mencantat email dan password yang akan digunakan untuk log in. Selanjutnya tim pengelola akan menyeleksi berdasarkan ranking nilai KHS dari tertinggi hingga terendah.

 

Peserta yang berhasil lolos tahap pertama wajib menyerahkan berkas administrasi sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP yang sudah dilegalisir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan (ada nama pejabat, tanda tangan asli dan cap stempel basah kemudian fotocopy dan diperbesar 200%)
  2. Surat Keterangan Aktif Kuliah asli dari perguruan tinggi (ada nama pejabat, tanda tangan asli dan cap stempel basah)
  3. Fotocopy buku rekening bank yang masih aktif dan atas nama pelamar/pemohon (difotocopy dan diperbesar 200%)
  4. Fotocopy/asli nilai KHS semester ganjil yang telah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi (ada nama pejabat, tanda tangan asli dan cap stempel basah)
  5. Surat pernyataan tidak sebagai pengedar atau pemakai narkoba dan tidak perokok aktif yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas matera 6000 dan diketahui orang tua/wali, kecuali bagi yang telah menikah diketahui oleh suami/istri
  6. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah maupun lembaga swasta yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas matera 6000 dan diketahui oleh pihak perguruan tinggi (ada nama pejabat, tanda tangan asli dan cap stempel basah)
  7. Seluruh berkas dokumen untuk seleksi tahap 2 tersebut dimasukkan ke dalam map sesuai dengan jenjang pendidikan dengan ketentuan D3 map berwarna hijau, D4 dan S1 map berwarna merah, S1 khusus kedokteran map berwarna kuning, S2 dan S3 map berwarna biru.

 

Pada seleksi tahap ketiga, apabila terdapat pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi, maka akan diisi oleh pelamar di bawahnya yang mempunyai nilai KHS tertinggi.

 

 

Sumber: http://beasiswa.balikpapan.go.id melalui http://www.indbeasiswa.com

loading...
Share this :