//Panduan Lengkap Memilih Jurusan Kuliah !

Panduan Lengkap Memilih Jurusan Kuliah !

Jangan pernah memilih Jurusan Kuliah asal-asalan !

Masa-masa lulus dari SMA bisa jadi merupakan masa yang membingungkan jika kamu tidak mempersiapkannya sedini mungkin. Memilih jurusan kuliah membingungkan, lebih baik bingung sekarang daripada bingung nanti setelah sudah kuliah.

Ketika lulus SMA, banyak sekali pilihan yang akan berputar-putar di kepala kamu. Setiap jurusan menawarkan kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Tapi yang jadi masalah adalah, kamu hanya boleh memilih satu pilihan, itulah hidup. Salah memilih, bisa jadi penyesalan yang akan kamu dapatkan di kemudian hari !

Seberapa pentingkah jurusan kuliah ?

Jika mau kuliah, tentu sangat penting ! Loh, banget ya ? Kan banyak orang sukses padalah bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah nya, mereka bisa sukses tuh ? Ya, ya, mereka sukses, tapi memangnya beneran banyak ? Kalau di bandingin dengan yang gagal, tentu jauh  dong persentasenya ! Lihatlah angka pengangguran saat ini di Indonesia, pengangguran yang berijasah sarjana dari tahun ke tahun terus meningkat.

Balik lagi ke tadi yang salah jurusan sukses, ya jika mereka yang salah jurusan bisa sukses, apalagi yang bener dong ya ? Ya, pasti. Inilah yang saat ini justru jadi problem di negara kita, sistem pendidikan kita dari SD menuju ke SMA tidak terarah, semua dipelajari, inilah yang membuat ketika lulus malah linglung, pilih jurusan juga linglung karena saking banyaknya yang dipelajari, dia nggak tahu mana yang sesui dengan kompetensi dia.

Nah, oleh karenanya kamu bisa mulai dari sekarang persiapkan diri kamu dan pilih jurusan apa yang paling cocok untuk kamu nantinya.

Bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat  ?

Ada beberapa faktor yang bisa kamu perhitungkan ketika kamu ingin memilih jurusan kuliah, berikut faktor-faktor tersebut :

1. Pekerjaan Impian

Kamu harus memutuskan apa impian kamu ? Apa yang ingin kamu kerjakan saat kamu menginjak usia emas kamu ? Coba bayangkan, kebayang ? Bagus kalau kebayang. Pasti yang terbayang hanyalah yang indah-indah nya saja, iya kan ? pasti iya, jika begitu, tentu tidak cukup hanya di bayangkan. Rajin-rajinlah mencari informasi tentang pekerjaan yang kamu dambakan, cara apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang harus kamu hadapi ketika kamu bekerja dalam bidang tersebut. Hal-hal tersebut nantinya bisa jadi acuan kamu untuk menentukan apa pekerjaan impian kamu.

Nah, setelah ketemu apa pekerjaan impian kamu, baru kamu cari jurusan mana yang bisa membantu kamu untuk menggapai pekerjaan impian kamu tersebut, lalu kampus mana yang menyediakan jurusan tersebut. Ingat ya, jangan nyari kampus dulu baru jurusan, tapi jurusan dulu baru kampusnya.

2. Prospek Keja Jurusan / Gaji dan Pendapatan

Faktor yang sangat realistis bagi sebagian banyak orang. Ya, tentu saja, kita kuliah mengeluarkan uang, maka jangan sampai hal itu menjadi sia-sia dan kita hanya mendapatkan jauh dari ekspektasi kita. Cobalah untuk banyak mencari Informasi tentang gaji atau pendapatan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan kamu.

Sedikit bocoran dari salah satu website survey luar negeri sana yakni PayScale.com, beberapa jurusan dengan prospek pendapatan terbesar adalah Jurusan-jurusan teknik, Ilmu Komputer, Fisika, Statistika, Ekonomi dan Pemerintahan, ya itu untuk saat ini, tapi kamu juga harus pintar-pintar baca tren, contohnya untuk beberapa tahun ke depan, kira-kira pekerjaan ini masih akan se eksis sekarang enggak, itu penting.

3. Passion

Saat ini, semakin banyak orang sadar tentang betapa pentingnya Passion. Banyak yang bekerja tidak menikmati pekerjaannya, ya itu karena apa yang dia kerjakan tidak sesuai dengan passionnya. Walaupun mungkin, bisa saja pekerjaan yang dilakukan memang memberikan dia penghasilan yang besar, tapi apa gunanya seumur hidup berkutat dengan pekerjaan yang tidak di cintainya. Cobalah kamu lihat diri kamu dan apa passion kamu saat ini ? Contohnya, jika kamu sangat semangat menggambar, bahkan kamu sampai-sampai lupa waktu ketika melakukannya, ya bisa jadi itulah passion kamu, kamu bisa mencari jurusan kuliah yang berhubungan seperti arsitektur, desain grafis, seni, dan lain sebagainya.

4. Bakat

Memang bakat bisa di latih, tapi bakat yang alami akan sangat mempermudah kamu dalam mengerjakan suatu hal. Selain kerja keras, Bakat adalah hal yang bisa membuat kamu meraih hasil terbaik di pekerjaan yang kamu inginkan. Lagi-lagi kamu harus bertanya lagi, apa bakat saya ? apa yang sangat mudah untuk saya lakukan padahal orang lain melihat itu berat ? Ya temukan dan ikuti bakat kamu, bisa menjadi faktor terbaik untuk meraih kesuksesan. Jika kamu memang punya bakat menyanyi kenapa tidak kamu masuk ke jurusan seni ? Jika kamu punya bakat menulis, kenapa tidak kamu masuk jurnalistik, dan lain sebagainya.

So, selamat memilih !

Image from : Moyan Brenn | Flickr

 

loading...
Share this :