//Inilah 7 Pulau Terbesar di Dunia, Ada 3 Dari Indonesia !

Inilah 7 Pulau Terbesar di Dunia, Ada 3 Dari Indonesia !

Indonesia bukan cuma sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, tapi pulau di negara kita ini juga masuk dalam pulau-pulau terbesar yang ada di bumi. Penasaran pulau apa saja ? Berikut 10 Pulau terbesar di dunia tersebut :

1. Greenland – Denmark

Greenland merupakan pulau terbesar di dunia dengan luas yakni 2,130,800 km persegi, dan sebagian besar wilayah dari pulau ini merupakan wilayah yang tertutup salju dan es. Pulau sebesar ini hanya di huni oleh sekitar 56,000 orang.

2. New Guinea – Indonesia dan Papua New Guinea

Pulau terbesar ke dua di dunia merupakan pulau yang di bagi dua oleh dua negara yakni Indonesia dan Papua Nugini. Pulau ini banyak memiliki sebutan, seperti papua dan irian, namun di dunia internasional lebih di kenal dengan sebutan New Guinea Island. Luas dari pulau ini ialah 785,753 km persegi.

3. Borneo – Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam

Pulau ini dimiliki oleh tiga bangsa yang hidup damai dan berdampingan. Luasnya hanya kalah sedikit jika di bandingkan New Guinea Island, luas pulau Borneo adalah 748,168 km persegi. Pulau ini di kenal sebagai pulau hutan hujan tropis terbesar di dunia.

4. Madagaskar – Madagaskar

Pulau yang berada di sebelah timur dari bagian selatan benua Afrika ini memiliki luas 587,713, pulau ini juga terkenal dengan tumbuhan-tumbuhan tertua di dunia.

5. Baffin Island – Kanada

Kembali ke kutub utara, pulau yang menjadi bagian dari negara Kanada ini merupakan pulau terluas ke 5 di dunia dengan luas 507,451 km persegi, sementara orang yang mendiami pulau ini hanya berjumlah sekitar 11 ribu orang, bisa di bayangkang betapa lenggangnya kehidupan di pulau ini !

6. Pulau Sumatera – Indonesia

Pulau sumatera adalah pulau dengan penduduk terbanyak ke -2 di Indonesia setelah pulau Jawa. Di pulu ini hidup 50 juta orang berbgagi wilayah di daratan seluas 473,481 km persegi.

7. Honsu – Jepang

Pulau Honsu merupakan pulau terbesar di negara Jepang yang juga merupakan negara kepulauan. Pulau dengan luas 225,800 km persegi ini merupakan pulau dengan penduduk terpadat ke-2 di dunia setelah pulau Jawa di Indonesia.

loading...
Share this :