Ingin Jadi Pemimpin Yang Hebat ? Ini Dia 13 Kualitas Yang Harus Kamu Miliki

Entrepreneurship, Karir, Motivasi, Self Improvement

Banyak orang kita yakin bahwa pemimpin itu di lahirkan, namun  ternyata itu tidaklah benar. Seorang pemimpin adalah hasil dari keadaan dan pembelajaran-pembelajaran yang ia lalui dalam hidupnya.

Bahkan kamu, kita, dan semuanya bisa menjadi pemimpin yang hebat, baik untuk diri kita sendiri, maupun orang-orang di sekitar kita. Intinya semua orang bisa menjadi pemimpin yang hebat, tergantung dari kemaun dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik.

Pemimpin bukanlah mereka yang mempunyai jabatan saja, ingatlah bahwa kita lahir ke dunia ini sebagai seorang pemimpin, pemimpin untuk diri kita sendiri. Buktinya adalah banyak orang mempunyai jabatan tapi tidak tahu caranya memimpin, tentu sangat memprihatinkan, bagaiman negara kita bisa maju jika pemimpinnya saja tidak bisa memimpin.

Maka dari itu, kamu dan kita semua harus belajar bagaimana caranya memimpin, setiap orang harus bisa memimpin dirinya ke arah yang lebih baik.

Nah, berikut kualitas-kualitas yang di miliki oleh seorang pemimpin hebat yang bisa kamu tiru :

1. Fokus

Seorang pemimpin hebat harus selalu fokus pada tujuannya, fokus pada apa yang harus dia kerjakan. Fokus adalah kunci dasar dari segala keberhasilan. Ketika bawahannya tidak fokus dengan apa yang harus di kerjakan, tidak fokus dengan tujuan-tujuan dari sebuah organisasi, maka seorang pemimpinlah yang harus bisa membawa anak buahnya tetap fokus untuk bekerja dan melakukan hal-hal yang harus di lakuka,

Terlihat simpel, tapi fokus memang sangat menyulitkan. Ketika dalam kehidupan kita sehari hari pasti ada saja hal-hal yang mengalihkan perhatian kita hingga kita lupa akan tujuan kita yang sebenarnya. Jika tidak bisa fokus, maka kita akan tenggelam dan tidak bisa menggapai cita-cita kita.

2. Percaya Diri

Seorang pemimpin harus bisa dipercaya oleh orang-orang di bawahnya. Tentu saja, sebelum bisa di percaya oleh orang lain, kamu harus bisa percaya pada diri kamu sendiri. Percaya diri berbeda dengan sombong. Percaya diri yang baik di ikuti oleh rasa menghargai yang akan berdampak pada penghargaan pula dari orang lain. Pemimpin yang baik mempunyai rasa percaya diri yang baik pula, karena keberhasilan takan bisa di raih tanpa rasa percaya, dan tugas pemimpin adalah menyebarkan rasa percaya tersebut.

3. Transparan

Dengan menjadi seseorang yang terbuka dan transparan dengan orang-orang di bawahnya, membuat seorang pemimpin akan sangat di percayai. Saling terbuka akan memberikan hal positif bagi setiap organisasi. Saling terbuka juga menunjukan bahwa yang dia lakukan bukanlah ambisi pribadi, melainkan adalah tujuan bersama.

4. Integritas

Menjadi seseorang yang berintegritas, merupakan salah satu ciri-ciri dari pemimpin yang sangat baik. Integritas atau kejujuran inilah yang bisa memberikan kepercaya lebih dari orang-orang disekitar kita. Jangan pernah berbohong dan melakukan hal-hal yang curang. Pemimpin sejati selalu menjaga nama baik dengan bekerja bersama kejujuran.

5. Punya Inspirasi

Setiap pemimpin mempunyai sosok inspirasinya tersendiri. Tidak ada pemimpin yang tidak mempunyai inspirasi. Ada orang yang menginspirasinya hingga melakukan hal tersebut. Mempunyai sosok inspirasi merupakan hal yang tepat untuk terus berjuang untuk melakukan yang terbaik sebagaimana inspiratir kita lakukan. Mempunyai Inspirator juga bukan berarti kita tidak menjadi diri sendiri, Inspirator harus membuat kita menemukan diri kita yang sesungguhnya.

Baca Juga :  4 Karakter Manusia Secara Psikologis, Kamu Termasuk Tipe Yang Mana ?

6. Passion

Apa itu passion ? Sebelumnya kita juga pernah mengulas apa itu passion di sini. Namun secara garis besar, passion bisa diartikan sebagai gairah yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan suatu hal. Seorang pemimpin harus memiliki gairah yang besar dalam melakukan pekerjaannya. Passion inilah yang membuat pemimpin terlihat spesial, karena dia melakukan apa yang dia sukai dan cintai. Sehingga pemimpin tersebut selalu bisa menghasilkan sesuatu yang sangat baik dari apa yang ia kerjakan.

7. Inovatif

Inovasi saat ini merupakan hal yang sangat penting. Semakin kerasnya persaingan menuntut kita untuk bisa lebih inovatif lagi dalam mengembangkan produk/jasa yaang kita buat. Seorang pemimpin harus mempunyai pemikiran yang inovatif dalam menghadapi suatu masalah, dan melewati berbagai rintangan.

8. Positif

Seorang pemimpin yang baik hendaknya adalah orang yang mempunyai pemikiran yang positif, bisa mengambil segala hal yang baik dari segala kejadian. Orang postif akan selalu optimis, dan bisa menyebarkan virus optimis yang baik untuk kelangsungan sebuah organisasi.

9. Pekerja keras

Banyak orang mengira pemimpin yang baik tidak bekerja keras dan hanya mengandalkan orang-orang di bawahnya. Dalam artian mengandalkan orang-orang di bawahnya mungkin benar, tapi tahukah kamu, pekerjaannya bisa lebih berat, mengatur orang, memastikan anak buahnya mendapatkan gaji yang layak, membutuhkan pemikiran dan kerja yang cukup keras. Kerja keras adalah kunci utama dari keberhasilan, seorang pemimpin hebat tahu betul akan hal tersebut.

10. Mampu mengambil keputusan

Mengambil keputusan adalah pekerjaan seorang pemimpin. Bukanlah hal yang mudah mengambil keputusan, apalagi bersangkutan dengan orang banyak. Bagaimanapun pemimpin yang baik ialah pemimpin yang mampu membuktikan keputusan yang di ambil olehnya ialah keputusan yang terbaik.

11. Berfikiran terbuka

Pemimpin yang baik tidak boleh kaku dan merasa dirinya paling benar. Ada saatnya untuk menyerap aspirasi orang lain dan mengamati lingkungan dengan baik, selalu mengoreksi diri dan terus belajar. Pemikiran terbuka membuat seorang pemimpin semakin maju dan selalu ingin lebih dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

12. Penyemangat

Memberikan semangat pada orang lain bukanlah yang mudah. Pemimpin harus mampu memberikan suntikan semangat kepada setiap orang disekitarnya untuk bekerja lebih baik dan lebih semangat lagi. Orang-orang yang mampu memberikan semangat kepada orang lain mempunyai potensi yang bagus untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat.

13. Sabar

Untuk menggapai sesuatu butuh kesabaran. Kadang banyak hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Pemimpin yang baik harus mampu tetap teguh dan memperjuangkan apa yang telah menjadi tujuannya. Sabar, tidak pernah menyerah, ulet dan tekun, merupakan buah dari kesabaran yang sangat baik dimiliki oleh pemimpin yang ingin sukses menjadi pemimpin yang hebat.

Jadi, siapkah kamu menjadi pemimpin dari saat ini ?

Image Source : thinkpublic | Flickr

 

 

loading...

Baca Juga

Leave a Reply