Apa Itu Passion dan Cara Menemukannya

Self Improvement

Apa itu Passion dan cara menemukannya bagaimana ?

Sebelumnya, banyak orang berfikir kalau passion itu sama dengan hobi. Namun, perlu kita ketahui jika sebenarnya passion dan hobi memang berbeda. Secara singkatnya, passion itu adalah sesuatu yang lebih besar daripada sebuah hobi. Jika ada sebuah lingkaran, lingkaran tersebut adalah passion, dan hobi adalah potongan dari lingkaran tersebut.

Sebagai gambaran lebih lanjut, perbedaan passion dan hobi itu adalah seperti ini :

  • Hobi membuat kamu mengeluarkan banyak uang demi melakukan hal tersebut. Sebaliknya,  Passion membuat kamu mengerjakan hal tersebut secara serius dan sungguh-sungguh sebagai sebuah pekerjaan yang kemudian bisa membayar dan menghidupi kamu.
  • Hobi kamu lakukan hanya sebagai sarana refreshing dan pengurang stress, sebaliknya Passion kamu lakukan sebagai bidang yang kamu tekuni sepenuhnya.

Contohnya, jika kamu mempunyai hobi menulis, maka kamu hanya akan melakukan hal tersebut sebagai sarana refresing, hanya di lakukan sesaat dan kamu lakukan hanya jika kamu mau saja. Sementara bagi kamu yang passionnya adalah menulis, maka kamu akan menjadikan menulis sebagai prioritas,pekerjaan penuh dan kamu dedikasikan hasil kamu bukan hanya untuk diri kamu sendiri, tapi juga untuk orang lain.

Jadi kesimpulannya, Passion itu bisa digambarkan sebagai gairah dari dalam hati untuk melakukan sesuatu. Kita melakukannya dengan senang dan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam melakukan hal tersebut.

Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you – Oprah Winfrey

Semakin kamu bergairah tentang hidupmu, tentang pekerjaanmu, dan tentang apapun yang kamu kerjakan, maka semakin positif energi yang datang dan kamu berikan untuk dirimu dan orang-orang di sekeliling kamu.

Passion datang ketika kamu menjadi dirimu sendiri dan mengerjakan apa yang secara natural mendorong kamu untuk mengerjakannya. Passion adalah hal terbaik yang membuat hidup kamu menjadi lebih bermakna.

Passion memungkinkan kita untuk menerjang setiap masalah yang menghadang, membuat kita mempunyai kepercayaan diri, lebih berani dalam mengambil setiap resiko untuk meraih sukses dan mencapai segala impian.

Hidup dengan Passion adalah tentang mempunyai keberanian dalam mengekspresikan diri dan mencintai hidup kita. Hidup hanya sekali, dan kenapa tidak kita hidup dengan melakukan apa yang kita inginkan ?

Hidup ini harus di desain sebaik mungkin, bukan dibiarkan begitu saja mengikuti alur yang tak pasti dan hanya akan membebani diri kita saja tanpa meraih kebahagiaan. Kebahagiaan sejati bukan berasal dari berapa banyak uang bisa kita hasilkan, tapi datang ketika kamu mengerjakan satu hal yang benar-benar kamu sukai dan ingin kamu kerjakan.

Jadi apapun passion kita, lakukan dan perjuangkan.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui apa sih passion kamu, maka kamu bisa mencoba beberapa hal di bawah ini :

1. Tentukan apa yang kamu bisa lakukan dengan baik

Cobaa kamu fikirkan kembali, kira-kira apa bakat kamu ? apa yang paling bisa kamu lakukan dan apa yang kamu menjadi begitu ahli di bidangnya. Passion sangat erat kaitannya dengan bakat, karena passion itu alami dan menyenangkanmu.

Cobalah untuk kembali sejenak ke masa-masa sebelumnya sejauh yang kamu bisa bayangkan tentang pekerjaan, proyek tugas atau bahkan hobi-hobi kamu. Bayangkan pada masa-masa itu, mungkin kamu adalah seseorang yang begitu baik dalam bidang melukis, menulis, berorganisasi, mengkreasi, mengajar, atau hal-hal lainnya ?

Cobalah untuk merenungkan beberapa waktu, dan tuliskan beberapa point yang kamu kira itu adalah passion kamu. Setelah kamu list, kamu bandingkan dan renungkan kembali dari list-list tersebut, mana yang paling kamu sukai, mana yang paling membuatmu bergairah hingga lupa waktu, mana yang paling kamu kuasai, cobalah renungkan kembali.

2. Tentukan apa hal yang paling menarik untuk kamu lakukan

Apa hal yang paling membuat kamu menarik dan ingin kamu lakukan ? apakah itu pekerjaan sampingan kamu, atau hobi kamu, atau mungkin hal yang kamu lakukan secara sukarela. Kembali tuliskan daftar dari hal-hal tersebut.

3.Tentukan apa hal yang sering kamu baca dan membuat kamu menghabiskan banyak waktu untuk membaca tentang hal tersebut.

Kamu pasti sering mebaca berbagai hal, tentukan apa saja hal – hal apa saja yang paling sering kamu baca. Yang tanpa kamu sadari kamu selalu ingin membacanya dan rela menghabiskan banyak waktu untuk membaca hal tersebut.

Rela menghabiskan banyak waktu membaca satu hal merupakan suatu tanda bahwa kamu mempunyai passion dalam hal tersebut. Silahkan kamu fikirkan kembali dan list hal apa saja yang paling menarik untuk kamu baca.

Cobalah untuk pajang list-list jawaban dari tiga pertanyaan tersebut, amati dan terus fikirkan selama beberapa hari. Kamu pasti akan mendapatkannya.

If you don’t know what your passion is, realize that one reason for your existence on earth is to find it – Oprah Winfrey

Image Source : pirate_renee | Flickr

Postingan Terkait :

Bagaimana Pendapatmu ?