//Apa Itu Beasiswa LPDP ?

Apa Itu Beasiswa LPDP ?

LPDP ialah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan lembaga yang bekerja di bawah pengawasan 3 kementerian sekaligus yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama

LPDP adalah lembaga yang bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan, dan hasil pengelolaannya disalurkan dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan.

Program Beasiswa

Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1 ya.

Maksimal masa studi untuk program Magister  adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Dan jika melebihi masa waktu tersebut tentu saja bisa dikenakan penalti bagi pemegang atau pelakasana beasiswa tersebut.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri

Sasaran Bidang Ilmu Prioritas

Beberapa Bidang ilmu yang menjadi prioritas dari LPDP saat ini adalah : Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan,  Bidang Pertanian, Bidang Kedokteran dan Kesehatan,  Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum,  Bidang Agama,  Bidang Pendidikan,  Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa, Bidang lainnya.

Proses dan Waktu Pelaksanaan Seleksi
Proses Seleksi :

Daftar Online –> Pengumuman Seleksi Administrasi –>  Wawancara –> Pengumuman Hasil Wawancara –> Program Kepemimpinan (PK) –> Pengumuman Kelulusan

Waktu Pelaksanaan :

Pendaftaran beasiswa ini di buka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali.

Biaya yang di tanggung :

Biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda, biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup dan biaya kedatangan.

Beberapa Persyaratan Umum :

Warga Negara Indonesia (WNI), Merupakan Lulusan Sarjana/magister di Universitas terakreditasi Ban-PT, Mempunyai Jiwa Kepemimpinan, Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/keilmuan/inovasi dan kebudayaan,dan lain sebagainya.

Untuk Persyaratan Umum, Khusus, dan ketentuan lainnya silahkan kunjungi saja Website resmi beasiswa LPDP www.lpdp.kemenkeu.go.id

 

Jangan lupa bergabung di Facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan setiap update artikel lainnya !

Image Kredit : The @america Center | Flickr

Share this :