//5 Negara Dengan Wilayah Jajahan Terluas di Dunia

5 Negara Dengan Wilayah Jajahan Terluas di Dunia

Pada masa kolonial, negara-negara Eropa tampil sebagai negara-negara terkuat dan menjelajah dunia kemudian menjajah berbagai negara di belahan bumi, dari mulai Asia, Afrika hingga Amerika. Mereka mulai menempati wilayah-wilayah bangsa lain dan menguasai sumberdaya alamnya untuk kebutuhan dan kepentingan mereka. Lalu, negara manakah yang memiliki wilayah jajahan terluas di masa lalu ? Berikut 5 Negara dengan wilayah jajahan terluas di dunia :

1. Britania / Inggris

Kamu mungkin ingin tahu kenapa bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak di gunakan di bumi ini ? Yap, itu karena negara Inggris yang mempunyai luas wilayah jajahan terluas di dunia. Banyak sekali negara yang pernah merasakan di jajah oleh negara ini, diantaranya seperti India, Pakistan, China, Sebagian Timur Tengah, Malaysia, Sebagian benua Afrika, Australia, Amerika dan bahkan negara kita juga pernah merasakan kerasnya di jajah negara ini.

2. Perancis

Salah satu yang menyebabkan budaya perancis begitu terkenal juga karena negara ini juga memang mempunyai wilayah jajahan paling luas ke dua setelah Britania Raya. Wilayah jajahannya meliputi sebagian timur tengah, Afrika bagian utara, Kanada, Vietnam, dan lain sebagainya.

3. Spanyol

Spanyol sangat erat sekali dengan Amerika Latin, bahkan negara-negara Amerika latin seperti Argentina menggunakan spanyol sebagai bahasa resminya. Negara-negara lain seperti meksiko juga pernah di jajah spanyol. Indonesia juga awalnya pernah di kuasai spanyol, namun kekuasaan spanyol bergeser ke wilayah Filipina.

4. Portugal

Para pelaut portugal yang terkenal berhasil menguasai negara-negara Amerika latin bagian utara, seperti Brazil. Bahkan Brazil menjadikan bahasa portugis menjadi bahasa resminya. Negara-negara Afrika di bagian tengah juga menjadi wilayah kekuasaan portugal masa itu.

5. Belanda

Belanda, walupun negara kecil, tetapi mempunyai wilayah jajahan yang cukup luas di masa itu. Indonesia atau Hindia belanda, Negara-negara Amerika Tengah, dan juga Wilayah Afrika bagian selatan pernah merasakan perihnya di jajah negara Kincir Angin.

 

Image Source : Robert Couse-Baker | Flickr

loading...
Share this :