3 Cara Menemukan Pekerjaan Dan Karir Yang Paling Tepat Untuk Diri Kamu

Karir, Self Improvement, Tips

Menemukan pekerjaan yang tepat dan cocok tidak semudah yang kita bayangkan, buktinya banyak orang yang pindah-pindah kerjaan, merasa tidak cocok dengan pekerjaannya dan akhirnya tidak menikmati hidup, kita adalah manusia, bukan robot, jika dipaksakan maka kita akan lebih banyak mendapatkan stress dibandingkan kesenangan dari apa yang kita kerjakan.

Jadi, bagaimana caranya agar kita bisa menemukan pekerjaan yang tepat hingga kita bisa menikmati hidup kita lebih baik ?

Orang yang paling bahagia adalah orang yang bisa menemukan pekerjaan yang paling baik dan paling tepat untuk dirinya, namun, masalahnya tiap orang berbeda, hingga kamu tidak bisa meniru orang lain, kamu harus bisa menemukannya sendiri.

Mungkin saja orang lain menikmati pekerjaan sebagai penyanyi, pengusaha, penulis, karyawan, petani dan mereka menikmati hal tersebut, semuanya tergantung individu masing-masing, kesempurnaan tergantung pribadi masing-masing, begitu juga lah pekerjaan yang sempurna untuk kamu, tergantung seperti apa kamu dan apa yang kamu sukai.

Pekerjaan yang tepat itu tidak bisa di tentukan oleh teman, keluarga, pacar dan lainnya, hanya kamu sendiri lah yang bisa dan harus menentukannya.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk menemukan pekerjaan terbaik untuk diri kamu yang di tulis berdasarkan sebuah buku terkenal karangan Louis Efron yang berjudul  How to Find a Job, Career and Life You Love

1. Tanyakan pada diri kamu pertanyaan-pertanyaan berikut ini

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahu apa yang benar-benar kamu suka, yang benar-benar menjadi passion kamu, kamu melakukannya dengan rasa senang dan bisa menyelsaikannya dengan baik, itulah passion. Ketika kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, cobalah untuk memperhatikan profesi apa yang paling dekat dengan jawaban tersebut. Berikut pertanyaan-pertanyaannya :

1. Apa yang bisa membuat aku mau bangun pagi dengan senang hati tanpa terpaksa ?

2. Jika uang itu tidak ada dan tidak di butuhkan, apa yang ingin aku lakukan dalam hidup ?

3. Apa yang membuat aku paling takjub dengannya ketika aku kecil ?

4. Kapan aku melakukan sesuatu yang bisa membuatku lupa akan waktu, apa yang aku lakukan ketika itu ?

5. Hal apa yang ingin orang-orang mengingatku karena hal tersebut ?

6. Hal apa yang aku sangat percaya aku bisa melakukannya dengan sangat baik ?

7. Hal apa yang orang katakan aku bisa melakukannya dengan baik ?

2. Lakukan percobaan untuk menemukan apa yang paling tepat

Setelah kamu memiliki pemahaman dasar tentang apa passion kamu, apa yang paling kamu sukai,cinta dan secara  alami melakukan yang terbaik, maka kamu bisa bereksperimen melakukan jenis tugas untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar menikmati pekerjaan tersebut.

Eksperimen ini berfungsi untuk mempertemukan kamu denga realitas atau kenyataan. Tanpa penelitian lebih, kamu mungkin saja hanya mengetahui hal-hal yang ideal dan baik-baiknya saja dari sesuatu yang kamu percaya kamu akan nikmati tersebut.

Baca Juga :  5 Tips Agar Bisa Bangun Lebih Pagi

Eksperimen akan membuktikan apakah kamu memiliki kemampuan alami serta mental yang diperlukan untuk pekerjaan yang kamu cari. Dan apakah pekerjaan ini akan memenuhi harapan kamu dan membuat kamu bahagia.

Pada tahun 2013, seorang inggris yang berusia 29-tahun bernama Matt Frost memulai percobaan untuk mencoba 52 pekerjaan di 52 minggu. Tujuannya ialah untuk menemukan apa yang dia ingin lakukan dalam hidup.

Tentu saja, hal tersebut merupakan teknik yang ekstrim dan tidak praktis bagi kebanyakan dari kita. Bisa saja kita  bereksperimen bahkan ketika kamu memiliki pekerjaan penuh waktu, selam kamu mempunyai komitmen, strategi  yang baik dan kreativitas.

Di bawah ini adalah latihan saya, yang telah berhasil digunakan untuk bereksperimen dan menemukan pekerjaan yang sempurna untuk saya, karir dan kehidupan saya saat ini. Tentu saja, kamu juga bisa menerapkannya, dan mempunyai kemungkinan berhasil yang sama dengan yang saya alami.

– Daftar semua pekerjaan yang telah kamu lakukan selama hidup kamu. Tempatkan tanda bintang pada pekerjaan yanag paling kamu nikmati. Dari yang diberi tanda bintang, berikan peringkat, pekerjaan mana yang paling di sukai

– Selanjutnya, membuat daftar pekerjaan selalu ingin kamu coba, namun belum memiliki keberanian atau kesempatan untuk mencobanya. Di samping setiap pekerjaan, jelaskan mengapa kamu belum mencobanya dan apa yang menghentikan kamu dari mencobanya saat ini, sekarang. Kembali beri peringkat pekerjaan mana yang paling menarik ke pekerjaan yang paling tidak menarik yang telah kamu tulis.

– Cobalah untuk meluangkan waktu melakukan pekerjaan-pekerjaa yang telah kamu tulis, terutama yan paling menarik untuk kamu, lakukanlah walau hanya beberapa jam sehari,  bisa juga di kerjakana di akhir pekan atau menjadi seorang relawan.

– Catat, mengapa Anda menyukai atau tidak menyukai setiap pekerjaan baru yang telah kamu coba dan begitu seterusnya sampai semua beres, dan lihat hasilnya, pekerjaan manakah yang paling kamu nikmati ?

3. Selaraskan pekerjaan tersebut dengan tujuan hidup kamu dan miliki komitmen yang kuat

Setelah kamu menemukan apa yang paling kamu sukai, cintai, dan kamu bisa melakukan yang terbaik pada hal tersebut, langkah terakhir adalah untuk mencari tahu bagaimana menghasilkan uang dari pekerjaan tersebut. Bagaimanapun, kamu harus memiliki keseimbangan dan keselarasan dalam hidup, walaupun kamu melakukan pekerjaan dengan sukarela sekalipun, kamu tetap butuh uang.

Jika kamu telah menemukan pekerjaan yang menurut kamu paling tepat, maka kamu harus berkomitmen pada hal tersebut. Bagaimanapun, kesuksesan, kepuasan dan kebahagiaan hidup membutuhkan komitmen yang tinggi dan kerja keras dalam bidang yang kamu tekuni.

Happy Worker – Image by Hawaii County | Flickr

loading...

Baca Juga

Leave a Reply