10 Universitas Terbaik ASEAN 2017

Kampus, News

Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah di sepakati dan mulai di jalankan juga semakin eratnya hubungan negara-negara di ASEAN, termasuk juga dalam bidang pendidikan  salah satunya telah membuat universitas-universitas di ASEAN terus memperbaiki diri agar mampu menjadi kampus terbaik minimal di wilayah regional ASEAN karena memiliki gengsi tersendiri.

Daftar 10 Universitas terbaik ASEAN 2017 ini di ambil dari website pengukuran rangking kampus Internasional yakni TopUniversities.com yang me-list kampus-kampus dari berbagai penjuru dunia dengan beberapa Indikator seperti : Reputasi Akademik, Reputasi Pekerja, Kualitas Fakultas, Jumlah Fakultas Internasional, dan Karya Ilmiah Mahasiswa. Berikut daftar 10 Universtias Terbaik ASEAN tahun 2017 versi TopUniversities :

10. University Teknologi Malaysia

UTM | Flickr

University Teknologi Malayasia (UTM) adalah universitas terkemuka di bidang ilmu rekayasa, ilmu pengetahuan dan teknologi. UTM berada di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia dan Johor Bahru, selatan kota di Iskandar Malaysia, yang merupakan koridor ekonomi yang dinamis di selatan Semenanjung Malaysia.

UTM sekarang menjadi universitas yang berfokus lulus dengan 56% dari populasi siswa yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana, yang tertinggi di Malaysia. Universitas Teknologi Malaysia ini berada di posisi ke 10 untuk universitas di kawasan ASEAN untuk tahun 2017 ini, pada tahun lalu universitas ini berada di peringkat ke 8 Asean. Untuk kawasan Asia universitas Teknologi Malaysia menempati peringkat ke-63.

9. Mahidol University

mahidol.ac.th

Mahidol University adalah sebuah universitas riset publik di Bangkok, Thailand. Didirikan pada tahun 1888 sebagai Sekolah Dokter Praktek, Rumah Sakit Siriraj (sekarang Siriraj Medical School) dan direorganisasi pada tahun 1943 sebagai Universitas Ilmu Kedokteran.

Universitas ini awalnya difokuskan pada Ilmu Kesehatan tetapi juga diperluas untuk bidang lain dalam beberapa dekade terakhir.

Dalam hal anggaran fiskal dan porsi anggaran yang dihabiskan untuk program penelitian, MU menerima anggaran tertinggi dari setiap universitas negri lainnya, sekitar $ 147.000.000 setiap tahun, sebagian besar yang diberikan untuk program penelitian pascasarjana.

Mahidol University yang berposisi di peringkat 9 ASEAN ini menempati peringkat ke 61 di Asia.

8. Singapore University Management

smu.edu.sg

SMU saat ini menjadi salah satu universitas terkemuka di Asia, memulai debutnya di 2015 dengan mendapat peringkat Financial Times EMBA di posisi 10 di Asia dan 36 di seluruh dunia, menjadikannya peringkat tertinggi pendatang baru di 2015. Sementara itu program Master SMU di rangking oleh Applied Finance di peringkat 2 Asia dan 34  dunia.

SMU didirikan pada 12 Januari 2000 dan terletak di pusat Singapura. Kampus ini menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan program PhD di bidang Administrasi Bisnis, Business Analytics, Jasa Keuangan, Akuntansi, Ekonomi, Manajemen Sistem Informasi, Hukum dan Ilmu Sosial. Universitas ini memiliki lebih dari 30 lembaga penelitian dan pusat-pusat keunggulan, dan pelatihan perusahaan disesuaikan dan belajar seumur hidup bagi individu yang tersedia melalui program pengembangan profesional dan eksekutif universitas. SMU bekerja sama dengan Wharton School of University of Pennsylvania.

Di tahun ini SMU menempati peringkat 8 ASEAN dan 60 Asia.

7. University Kebangsaan Malaysia

ukm.my

The National University of Malaysia (singkatan: UKM; Melayu: Universiti Kebangsaan Malaysia; disingkat UKM) adalah sebuah universitas publik yang terletak di Bangi, Selangor yaitu sekitar 35 kilometer (22 mil) selatan dari Kuala Lumpur. Universitas ini juga memiliki kampus cabang di Kuala Lumpur. Ada 17.500 mahasiswa program sarjana, dan 5.105 mahasiswa pascasarjana yang 1.368 nya adalah mahasiswa asing dari 35 negara.

Universiti Kebangsaan Malaysia ini menempati peringkat 55 di tingkat Asia.

6. Universiti Sains Malaysia

web.usm.my

Universiti Sains Malaysia ini berada di urutan 51 Asia. Universitas ini adalah sebuah universitas negri di Malaysia. Ada tiga kampus: satu di Pulau Penang (Kampus Utama), satu di Kelantan (Health Campus), dan satu di Nibong Tebal (Teknik Kampus).

USM adalah salah satu universitas terbesar dalam hal pendaftaran di Malaysia. Jumlah dosen sekitar 1.479, yang mengarah ke rasio murid-dosen dari sekitar 19: 1.

5. Universiti Putra Malaysia

upm.edu.my

Universiti Putera Malaysia atau UPM, diakui oleh penilaian pemerintah independen sebagai salah satu Perguruan penelitian terkemuka Malaysia. Berada di posisi 49 rangking Asia.

Didirikan pada tahun 1931 sebagai Sekolah Pertanian, UPM kampus utama terletak di tengah Semenanjung Malaysia, dekat dengan ibukota, Kuala Lumpur dan di samping ibukota administratif Malaysia, Putrajaya. Universitas ini sebelumnya dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia atau Universitas Pertanian Malaysia.

4. Chulangkorn University

chula.ac.th

Chulangkorn berada di peringakt 45 rangking Asia, dan Universitas terbaik  di negara Gajah Putih untuk saat ini.

Chulangkorn University merupakan universitas tertua dalam sistem pendidikan modern Thailand yang berada di Ibukota Bangkok, Thailand.

Universitas ini mulai di bentuk selama pemerintahan Raja Chulalongkorn, ketika itu ia mendirikan Royal Pages School pada tahun 1902 di The Grand Palace of Thailand. Selama pemerintahan putranya, Raja Vajiravudh, Royal Pages School ini menjadi the Civil Service College of King Chulalongkorn.

The Rockefeller Foundation, berperan dalam membantu perguruan tinggi membentuk landasan akademik. Pada tanggal 26 Maret 1917, Raja Vajiravudh kembali mengganti nama menjadi Chulangkorn University.

3. University of Malaya

spm.um.edu.my

University of Malaya ini merupakan universitas riset publik yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. University of Malaya adalah universitas tertua dan paling tersohor di Malaysia. Nama universitas ini disingkat Malaya selama periode pra-kemerdekaan.

Universitas ini berada di peringkat 27 Asia, dan menjadi Universitas dengan rangking terbaik di negri Jiran. Universitas ini didirikan pada tahun 1949 sebagai perguruan tinggi negri yang didanai. Saat ini UM memiliki lebih dari 2.500 anggota fakultas. Pada tahun 2012, UM diberikan status otonomi oleh Departemen Pendidikan Tinggi.

2. Nanyang Technological University

ntu.edu.sg

Nanyang Technological University atau yang biasa disingkat NTU ini berada di peringkat 3 Asia. NTU adalah salah satu dari dua perguruan tinggi negeri dan otonomi terbesar di Singapura.

NTU diresmikan pada tahun 1991, ketika lembaga pendahulunya, Nanyang Technological Institute (NTI) bergabung dengan National Institute of Education (NIE). NTU telah berkembang menjadi universitas yang komprehensif dan penelitian intensif penuh, dengan lebih dari 33.000 sarjana dan pascasarjana siswa di berbagai perguruan tinggi teknik, ilmu pengetahuan, humaniora, seni dan ilmu sosial, Nanyang Business School, serta Lee Kong Chian School of Medicine

1. National University of Singapore

nus.edu.sg

Universitas Nasional Singapura ini menempati posisi pertama untuk tahun ini dengan berada di peringkat pertama tangga dengan peringkatnya di World Rangking berada di urutan 75. Di Asia, NUS menempati peringkat pertama, dan ini juga menjadi kebangaan bagi kawasan Regional Asean.

Didirikan pada tahun 1905, itu adalah lembaga tertua pendidikan tinggi (IHL) di Singapura, serta universitas terbesar di negara ini dalam hal pendaftaran siswa dan kurikulum yang ditawarkan. NUS merupakan universitas komprehensif penelitian intensif dengan dimensi kewirausahaan.

NUS secara konsisten peringkat sebagai salah satu universitas terkemuka di Asia oleh UK System Rangkin dan QS Rangking.

Dengan masuknya dua kampus asal singapura ini menandakan bahwa Singapura adalah negara yang paling maju dan memperhatikan masalah kemajuan pendidikan di Universitasnya.

Itu dia daftar 10 Universitas terbaik di Asia Tenggara 2017, versi TopUniversities. Meskipun tidak ada daftar Universitas dari negri kita tercinta, mudah-mudahan untuk kedepannya kita masuk di urutan 10 besar, bahkan menjadi yang terbaik. Sekedar Informasi, bahwa ada Universitas Indonesia di peringkat 11 Asean dan menempati peringkat 67 Asia, dan di susul oleh ITB di peringkat 13 ASEAN dan 86 skala Asia.

Postingan Terkait :

Bagaimana Pendapatmu ?